Limbangan, Limbangan, Kendal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Limbangan
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kendal
Kecamatan Limbangan
Kodepos 51383
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Limbangan adalah ibukota kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia.

Terdiri dari 10 RW (rukun warga) di mana 5 RW terdapat di Dusun Krajan, dan 5 RW lain berada di dusun lain yaitu Dusun Borangan, Dusun Banyuwindu, Dusun Brujulan, Dusun Sringin, dan Dusun Tercel. Terletak di sebelah barat daya Gunung Ungaran dan berbatasan dengan hutan alam, Desa Limbangan memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati yang penting. Namun, karena tekanan perusakan alam yang semakin lama semakin membahayakan kelestarian lingkungan, pada tahun 2007 Pemerintah Desa Limbangan menerbitkan Perdes No. 1 Tahun 2007 tentang Pelestarian Lingkungan Hidup.

Beberapa kali, Desa Limbangan khususnya di Dusun Banyuwindu telah dijadikan obyek penelitian flora dan fauna antara lain penelitian burung dan kupu-kupu. Kegiatan ini dilakukan atas kerja sama UNNES (Universitas Negeri Semarang), Semarang Bird Community, Komunitas Mahasiswa Biologi UNNES Green dan Lembaga Swadaya Masyarakat lokal Sekolah Rakyat.

Sejak tahun 2008, Pemerintah Desa Limbangan bersama Sekolah Rakyat mengembangkan Desa Limbangan sebagai Desa Wisata Konservasi. Berbeda dengan suasana obyek-obyek wisata pada umumnya, yang dikembangkan sebagai obyek wisata di Desa Limbangan adalah desa secara keseluruhan. Suasana pedesaan yang berbatasan dengan hutan alam, aktivitas petani yang bekerja di sawah dan kebun, penyadap nira aren, peternak bebek, kambing, dan sapi, kekayaan seni budaya tradisional, juga aktivitas masyarakat secara keseluruhan adalah obyek wisatanya.

Kerja keras pemerintah desa bersama Sekolah Rakyat dan komunitas-komunitas masyarakat desa beberapa kali telah menuai hasil di antaranya telah beberapa kali menerima kunjungan wisatawan asing, kunjungan wisata sambil belajar dari murid-murid dari beberapa sekolah di ibukota provinsi, juga kunjungan wisata pedesaan dari beberapa instansi dari ibukota kabupaten maupun ibukota provinsi serta dari kota-kota lain.

Desa Limbangan juga cukup terkenal duriannya karena terdapat sebidang lahan seluas 5 hektar yang dahulu adalah lahan garapan warga namun dikuasai oleh pihak lain namun sekarang lahan yang berisi tanaman Durian berbagai varitas unggul itu telah berhasil direklaim oleh warga. Lahan ini dikenal sebagai Ndurenan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]