Liga-I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Liga-I
Berkas:I-League logo.svg
Badan yang mengaturAll India Football Federation (AIFF)
NegaraIndia
KonfederasiAFC
Dibentuk2007; 17 tahun lalu (2007)
1996–2007 (sebagai National Football League)
Jumlah tim11
Tingkat pada piramida1
Degradasi keDivisi 2 Liga-I
Piala domestikDurand Cup
Super Cup
Piala internasionalAFC Cup
Juara bertahan ligaMohun Bagan (2)
(2019–20)
Klub tersuksesDempo (3 titles)
Pencetak gol terbanyakRanti Martins (214 goals)
Televisi penyiar1Sports
(live matches)
Facebook, FanCode[1]
(online streaming)
Twentyfour News[2] (All matches of GKFC)
Kolkata TV (All matches of Kolkata clubs)
Situs webI-League

Liga-I adalah sebuah liga sepak bola utama di India, bersama dengan Liga Super India.[3] Untuk alasan sponsor, liga secara resmi dikenal sebagai Hero I-League. Saat ini diperebutkan oleh 11 klub di seluruh negeri.

Kompetisi ini didirikan pada 2007 sebagai penerus National Football League (NFL) dan kompetisi dimulai pada November 2007. Liga ini diluncurkan sebagai liga sepak bola profesional pertama India dan dengan tujuan meningkatkan jumlah pemain untuk tim nasional India. Tidak seperti Liga Super India yang berbasis waralaba, Liga-I beroperasi pada sistem promosi dan degradasi dengan Divisi 2 Liga-I. Untuk klub yang menjadi juara I-League, mereka diberikan kesempatan untuk berpartisipasi di Piala AFC, kompetisi klub internasional sekunder Asia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sportstar, Team. "FanCode to provide live stream of ongoing season of I-League". Sportstar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-14. 
  2. ^ TheFanGarage, Team. "I-League picks up regional language broadcasters in Bengali and Malayalam". TheFanGarage (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-15. 
  3. ^ The AFC, Team. "India clubs agree to work together on league roadmap". The AFC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]