Liber Pontificalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Liber Pontificalis atau Buku Para Paus adalah sumber utama untuk sejarah Abad Pertengahan yang telah melalui penelitian kritis yang cermat.

Gambaran paling sederhana dari buku ini adalah sebagai sebuah seri catatan biografi singkat dari para Paus hingga akhir abad ke-9, yang diurutkan secara kronologis, yang mencatat lamanya masa jabatan, tempat lahir, asal-usul, kaisar terkait, pembangunan (khususnya gereja-gereja di Roma), data penahbisan, keputusan-keputusan penting, tempat dimakamkan, dan lamanya kekosongan tahta hingga ditahbiskannya Paus terpiilh berikutnya. Namun, proses penyusunannya cukup baik untuk dapat dipercaya sebagai informasi historis.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Raymond Davis, The Book of Pontiffs (Liber Pontificalis). Liverpool: University of Liverpool Press, 1989. ISBN 0-85323-216-4 (sebuah terjemahan dalam bahasa Inggris untuk digunakan oleh murid sekolah dasar).
  • Louise Ropes Loomis, The Book of Popes (Liber Pontificalis). Merchantville, NJ: Evolution Publishing. ISBN 1-889758-86-8 (Cetakan kembali dari edisi 1916. Terjemahan dalam bahasa Inggris dengan catatan-catatan kaki ilmiah, dan ilustrasi-ilustrasi).