Letters to Juliet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letters to Juliet
Letters to juliet poster.jpg
Poster film
Sutradara Gary Winick
Produser
Penulis
Pemeran
Musik Andrea Guerra
Sinematografi Marco Pontecorvo
Penyunting Bill Pankow
Distributor Summit Entertainment
Tanggal rilis
Durasi 105 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[1]
Pendapatan kotor $80 juta [2]


Letters to Juliet adalah film drama komedi romantis Amerika Serikat pada tahun 2010 yang dibintangi oleh Amanda Seyfried, Christopher Egan, Vanessa Redgrave, Gael García Bernal, dan Franco Nero. Ini merupakan film terakhir sutradara Gary Winick sebelum ia meninggal karena kanker otak. Film ini dirilis di Amerika Utara dan negara lainnya pada tanggal 14 Mei 2010. Ide film ini terinspirasi oleh buku non-fiksi tahun 2006, "Letters to Juliet," oleh Lise Friedman dan Ceil Friedman.

Alur[sunting | sunting sumber]

Sophie (Amanda Seyfried) adalah seorang wanita muda Amerika yang bekerja untuk The New Yorker sebagai pemeriksa fakta. Untuk menyemangati hidupnya, ia memutuskan untuk bepergian 'pra-bulan madu' dengan tunangannya yang seorang koki, Victor (Gael Garcia Bernal) ke Verona. Namun Victor yang gemar bekerja ini tak jua berubah dengan romantisme Italia dan justru malah memanfaatkan waktunya untuk melakukan penelitian lebih terhadap restorannya yang akan segera dibuka dan mengabaikan Sophie. Sophie yang saat itu sedang kesepian secara kebetulan menemukan sebuah "surat untuk Juliet" yang belum dijawab, ditulis oleh Claire Smith dari tahun 1957 - salah satu dari ribuan surat yang tertinggal di halaman pencinta fiksi Verona, yang biasanya dijawab oleh "sekretaris Juliet". Ia menjawabnya dan sekarang, Claire lansia (Vanessa Redgrave) tiba di Verona dengan cucu tampannya yang seorang pengacara, Charlie (Christopher Egan), yang bekerja untuk hak asasi manusia.

Claire dan Sophie saling menyenangi satu sama lain, namun Charlie bersikap sangat kasar dengan Sophie, sementara Sophie pun sangat sarkastis dengannya. Di sisi lain, Claire masih mencari untuk menemukan kembali cintanya yang telah lama hilang, Lorenzo Bartolini. Sophie berpikir mungkin cerita Claire dapat membantu dalam karier menulisnya dan memutuskan untuk membantu Claire dalam pencariannya. Apa yang terjadi selanjutnya adalah lika-liku romantisme cinta. Mereka menemukan bahwa ada beberapa Lorenzo Bartolini dan harus mencari tahu yang mana kekasih Claire. Setelah beberapa hari mencari, mereka menemukan bahwa salah satu Lorenzo Bartolini sudah meninggal. Charlie marah dan menyalahkan Sophie atas kesedihan neneknya. Ia menuduhnya karena tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan menyebabkan Sophie sedih lalu pergi. Claire yang melihat pertengkaran kecil itu memberitahu Charlie bahwa ia salah dan menceritakan kalau ibu Sophie telah kabur ketika ia masih kecil. Keesokan harinya, Claire mendesak agar Charlie meminta maaf kepada Sophie saat sarapan, dan ia pun meminta maaf. Setelah makan malam, Sophie keluar dengan Charlie dan berbicara tentang cinta, dan dengan spontan Charlie menciumnya. Pagi berikutnya adalah hari terakhir mereka dalam mencari cinta lama Claire yang hilang. Iseng, Claire menunjuk kebun anggur ke Charlie dan bertanya apakah ia bisa berhenti sehingga mereka bertiga bisa minum sebagai perpisahan untuk Sophie. Saat Charlie menuruni jalan, Claire melihat seorang pemuda yang tampak persis seperti Lorenzo. Ia berteriak pada Charlie untuk berhenti. Mereka mengetahui bahwa pemuda itu adalah cucu Lorenzo Bartolini. Claire dan Lorenzo bersatu kembali setelah lima puluh tahun yang panjang.

Kembali ke New York, Sophie memutuskan hubungannya dengan Victor sebelum kembali ke Verona untuk menghadiri pernikahan Claire dan Lorenzo. Ia menemukan Charlie disana dengan wanita lain, Patricia, dan berlari keluar. Charlie datang untuk mencarinya (di sekitar balkon klasik) dan Sophie mengakui bahwa ia mencintainya, tapi menyuruh Charlie untuk kembali pada kencannya. Charlie memberitahu Sophie bahwa wanita itu sebenarnya adalah sepupunya, Patricia, bukan mantan pacarnya yang juga bernama Patricia, Charlie pun mengatakan bahwa ia mencintainya dan ingin bersamanya. Charlie dengan sengaja jatuh dari balkon dan mereka berciuman saat dia berbaring di tanah.

Peran[sunting | sunting sumber]

  • Amanda Seyfried sebagai Sophie Hall, pemeriksa fakta yang tinggal di New York. Dia melanjutkan pra-bulan madu dengan tunangannya ke Verona, Italia. Ketika jalan-jalan, ia menemukan "Rumah Juliet" dengan wanita yang menangis sedang menulis surat dan meninggalkan mereka disana. Ia mengikuti seorang wanita muda yang mengambil surat-surat dan saat membantu keesokan harinya, ia menemukan surat berusia 50 tahun dan memutuskan untuk menulis kembali, menuntunnya agar sampai di tangan Claire, wanita yang menulis surat itu. Ia memulai petualangannya dengan Claire dan cucunya untuk menemukan cinta lama Claire yang hilang. Ia akhirnya menjadi kekasih Charlie.
  • Christopher Egan sebagai Charlie Wyman, cucu Claire yang menyenangkan (sebagaimana ia menggambarkan dirinya sendiri). Meskipun tampaknya seperti itu, namun ia juga seorang pemarah, Claire menjelaskan bahwa ia memiliki hati yang baik seperti kakeknya. Charlie segera mengembangkan hubungannya dengan Sophie dan menjadi kekasihnya.
  • Vanessa Redgrave sebagai Claire Smith-Wyman, gadis yang menulis surat kepada Juliet 50 tahun yang lalu. Sophie bertemu dengannya setelah Charlie menemui sekretaris Juliet dan ia mengikutinya. Ia adalah wanita yang baik hati memiliki persahabatan yang erat dengan Sophie ketika mereka mencari Lorenzo, cintanya yang lama hilang saat mereka saling jatuh cinta pada usia lima belas tahun. Orangtuanya tidak menyetujui dan mereka dipisahkan.
  • Franco Nero sebagai Lorenzo Bartolini, kekasih dan cinta lama Claire yang hilang. Ia bertemu dengan Claire ketika usia mereka lima belas tahun di Verona. Orang tua Claire tidak setuju dengan dirinya dan mereka segera dipisahkan. Putra dan cucu keduanya bernama Lorenzo Bartolini dan keduanya bekerja di kebun anggur. Nero adalah suami Redgrave dalam kehidupan nyata. Roger Ebert telah mewawancarai Nero dan Redgrave pada film Camelot, mencatat banyak kisah cinta antara karakter mereka hampir sama dengan kehidupan nyata.[3]
  • Gael García Bernal sebagai Victor, tunangan Sophie yang juga seorang koki. Ia terus menerus sibuk dan hampir tidak memiliki waktu dengan Sophie. Sebagian besar waktu mereka selama di Verona, ia berada jauh di beberapa kota lain, sementara Sophie membantu Claire dan Charlie. Ia bahkan tertarik pada resep dapur sekretaris Juliet.
  • Luisa Ranieri sebagai Isabella, salah satu dari empat sekretaris Juliet.
  • Marina Massironi sebagai Francesca, salah satu dari sekretaris Juliet.
  • Lidia / Lydia Biondi sebagai Donatella, salah satu dari sekretaris Juliet.
  • Milena Vukotic sebagai Maria, salah satu dari sekretaris Juliet.
  • Stefano Guerrini sebagai Lorenzo III, cucu dari Lorenzo.
  • Daniel Baldock sebagai Lorenzo Jr, anak tertua Lorenzo.
  • Ashley Lilley sebagai Patricia, sepupu Charlie yang memiliki nama yang sama dengan mantan pacarnya.
  • Oliver Platt (tidak ditampilkan) sebagai Bobby, editor Majalah The New Yorker.

Pelepasan dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Letters to Juliet menerima tinjauan yang beragam dari para kritikus. Tinjauan agregat Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 40% dari kritikus film telah memberikan review positif berdasarkan 138 ulasan, dengan skor rata-rata 5.1/10. Metacritic memberikannya skor rata-rata 50/100 dari 34 ulasan yang dikumpulkan.

Layar lebar[sunting | sunting sumber]

Letters to Juliet dibuka di nomor 3 dengan $13.540.486 dibelakang pekan kedua Iron Man 2 dan Robin Hood.[4] Pada akhir pekan kedua, film ini turun 33,5% dengan $9.006.266 menjadi nomor 4.[5] Film ini akhirnya telah meraup $53.032.453 di dalam negeri dan $79.181.750 di seluruh dunia.[2]

Daftar soundtrack[sunting | sunting sumber]

  • "You Got Me" – Colbie Caillat
  • "Chianti Country"
  • "Verona" – Andy Georges
  • "Un Giorno Così" – 883
  • "Per Avere Te" – Franco Morselli
  • "Quando, Quando, Quando" – Laura Jane (sebagai Lisa Jane) dan Chris Mann
  • "Variations On A Theme By Mozart" – dari The Magic Flute, Opus 9
  • "Sospesa" – Malika Ayane dan Pacifico
  • "Per Dimenticare" – Zero Assoluto
  • "Sono Bugiarda (I'm A liar)" – Caterina Caselli
  • "Guarda Che Luna" – Fred Buscaglione
  • "Love Story" – Taylor Swift
  • "What If" – Colbie Caillat

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fritz, Ben (16 May 2010). "First Look: 'Robin Hood' wobbly in U.S. but hits target overseas". Los Angeles Times. Diakses 16 May 2010. 
  2. ^ a b "Letters to Juliet (2010)". Box Office Mojo. Diakses 26 December 2010. 
  3. ^ Roger Ebert. "Letters to Juliet Review". Chicago Sun-Times. Diakses 2010-05-22. 
  4. ^ Weekend Box Office Results for May 14-16, 2010 - Box Office Mojo
  5. ^ Weekend Box Office Results for May 21-23, 2010 - Box Office Mojo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]