Lesung venus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lesung venus
lateral lumbar fossa
Seorang wanita yang tengah duduk dengan lesung Venus. Dua anak panah masing-masing menunjuk kedua lesung tersebut.
Lesung Venus yang ditampilkan dalam lukisan karya Gustave Courbet
Rincian
Pengidentifikasi
Bahasa Latinfossae lumbales laterales[1]
TA2273
FMA20209
Daftar istilah anatomi

Lesung Venus (juga dikenal sebagai lesung punggung, lesung pantat atau Lesung Venusian) adalah lekukan simetris yang kadang-kadang terlihat di bagian bawah punggung manusia, tepat di sebelah atas gluteal cleft. Lesung tersebut secara langsung merupakan bagian dangkal dari dua sendi sakroiliaka, tempat di mana sakrum menempel pada ilium tulang pelvis.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Istilah "lesung Venus", yang merupakan istilah informal, adalah nama yang diterima secara historis dalam profesi medis untuk permukaan superfisial dari sendi sakroiliaka. Nama latinnya adalah fossae lumbales laterales ("lekukan lumbar lateral"). Lekukan ini diakibatkan oleh peregangan pendek ligamen di antara bagian tulang belakang posterior superior iliac spine dengan kulit.

Ada ligamen kulit lain yang memanjang dari dalam hingga ke bagian luar kulit, seperti "ligamen Cooper", yang terdapat di payudara dan ditemukan di antara fascia pektoralis utama dengan kulit.

Ada lagi penggunaan istilah "lesung Venus" dalam anatomi bedah. Yaitu dua indentasi simetris pada aspek posterior sakrum yang juga mengandung saluran vena. Mereka digunakan sebagai tengara untuk menemukan sisi artikular yang superior dari sakrum sebagai panduan untuk menempatkan sekrup pedal sacral pada operasi tulang belakang.[2]

Lesung venus kadang-kadang diyakini sebagai tanda kecantikan, yang mengacu pada asal usul nama mereka (Venus yang merupakan dewi kecantikan Romawi).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kollmann, D. Julius (1910). Plastische anatomie des menschlichen körpers für künstler und freunde der kunst. Leipzig,: Veit & Comp. hlm. 50, 398. 
  2. ^ Youmans Neurological Surgery; 5th ed., 2004