Leopold IV, Adipati Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leopold IV, Duke of Bavaria.jpg

Leopold IV, yang Dermawan (sekitar 1108 – 18 Oktober 1141) merupakan Margrave Austria dari tahun 1137 dan Adipati Bayern dari tahun 1139 sampai kematiannya.

Ia merupakan putra Margrave Leopold III yang Baik. Tidak diketahui mengapa ia awalnya lebih menyukai saudara-saudaranya Adalbert dan Heinrich Jasomirgott.

Melalui ibunya Agnes, ia berhubungan dengan Wangsa Hohenstaufen. Di dalam pertikaiannya melawan saingannya, Wangsa Welfen, ia diberikan bekas wilayah Welf Bayern sebagai sebuah wilayah feodal oleh Kaisar Konrad III. Ia dapat menjaga posisinya di sana, sebagai saudaranya Otto merupakan Uskup Freising di sana.

Tindakan yang paling penting di dalam pemerintahannya yang singkat adalah Pertukaran Mautern masuk ke dalam dengan Uskup Passau pada tahun 1137. Uskup itu diberikan Gereja Santo Petrus di Wina, dan Margrave tersebut menerima perluasan perkembangan wilayah yang meluas dari uskup di luar dinding kota, dengan terutama perkecualian wilayah di mana gereja yang baru dibangun, yang akan menjadi Katedral Santo Stefanus.

Leopold mati mendadak di Niederaltaich, (Bayern) dan digantikan oleh saudaranya Heinrich.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Leopold IV, Duke of Bavaria

Leopold IV, Adipati Bayern
Lahir: 1108 Wafat: 1141
Jerman
Didahului oleh:
Heinrich X
Adipati Bayern
1139–1141
Diteruskan oleh:
Heinrich XI/II
Didahului oleh:
Leopold III
Margrave Austria
1136–1141