Luitpold II dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Luitpold II (1050 – 12 Oktober 1095) merupakan seorang Markgraf Austria, ia berasal dari keluarga Wangsa Babenberg yang memerintah dari 1075 keatas. Ia dikenal sebagai Liutpold yang 'bijaksana'. Ia merupakan putra Ernest si Pemberani dan Adelheid, putri Markgraf Dedi (atau Dedo) II dari Meissen. Di dalam Sengketa Penobatan, ia awalnya berpihak kepada Kaisar Heinrich IV, tetapi pada tahun 1081 di dalam Kongres Tulln ia dipengaruhi istrinya Itha dan Uskup Altmann dari Passau berganti pihak. Akhirnya, ia digulingkan oleh Kaisar, yang memberikan wilayah feodal tersebut kepada Vratislav II dari Bohemia, yang mengalahkan Liutpold di dalam Pertempuran Mailberg. Namun akhirnya Liutpold dapat mempertahankan posisinya, tetapi ia kehilangan beberapa wilayah di Moravia Selatan. Luitpold bertempat tinggal di Gars am Kamp.

Pada tahun 1089 Luitpold II membantu biaya konstruksi Biara Melk di Austria timur dengan memberikan tanah untuk biara yang baru. Beberapa mil jauhnya dari Biara Melk, di Austria timur, merupakan puing-puing Thunau kastil Kamp, yang pernah menjadi tempat tinggal musim panas Luitpold II.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1065 Luitpold menikahi Itha (Ida dari Cham), Comtesse Cham (10601101), di Cham, Oberphalz, Bayern. Ida adalah putri Rapoto IV dan Mathilde. Ida konon meninggal di perang salib.

Mereka memiliki seorang putra, Luitpold III, juga enam orang putri yang menikah dengan adipati-adipati dan comte-comte dari Kärnten, Bohemia dan Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Luitpold II dari Austria
Lahir: 1050 Meninggal: 1095
Jerman
Didahului oleh:
Ernst
Markgraf Austria
1075–1095
Diteruskan oleh:
Luitpold III