Leonardus dari Porto Mauritio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Santo Leonardus dari Porto Mauritio (Porto Mauritio, 20 Desember 167626 November 1751) adalah seorang biarawan Fransiskan yang sangat menjunjung Sakramen Suci, devosi kepada Hati Suci, dan ibadah Jalan Salib, sekaligus juga sangat percaya kepada konsep 'Dikandung dari Roh Kudus' dalam Bunda Maria.

Ia terlahir sebagai Leonard Casanova di kota Port Maurice, Porto Maurizio, Italia, dan bergabung dengan ordo Fransiskan yang sangat ketat dalam beribadah pada tahun 1697. Ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1703, ia kemudian menyebarkan ajaran Tuhan di seluruh wilayah Tuscany, Italia. Pada tahun 1736, ia telah mampu menarik perhatian massa yang besar di Roma dan di kota-kota lainnya, dan ia juga membangun enam ratus tempat ibadah Jalan Salib di Italia.

Pada tahun 1744, Leonardus dikirim oleh Paus Benediktus XIV untuk bertugas dan menyebarkan ajaran Tuhan di Corsica. Ia kembali ke Roma pada tahun 1751 atas panggilan sendiri dari Paus.

Leonardus meninggal dalam biaranya, San Bonaventura, pada tanggal 26 November 1751. Ia dikanonisasi sebagai Santo pada tahun 1867 dan dijadikan Santo pelindung untuk misi-misi paroki.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catholic Online "St. Leonard of Port Maurice"