Leonardo Boff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leonardo Boff.

Leonardo Boff (lahir di Concórdia, Estado de Santa Catarina, Brasil, 14 Desember 1938; umur 75 tahun). Ia seorang teolog, filsuf, dan penulis. Ia terkenal karena aktif mendukung perjuangan bagi hak-hak kaum miskin dan mereka yang tersisihkan. Ia adalah salah satu pendiri dari Teologi Pembebasan, bersama-sama dengan Gustavo Gutierrez. Ia hadir dalam refleksi-refleksi pertama yang berusaha mengartikulasikan kemarahan terhadap penderitaan dan marginalisasi dengan diskursus iman yang memberikan pengharapan, yang kemudian melahirkan Teologi Pembebasan. Boff adalah seorang tokoh yang kontroversial di lingkungan Gereja Katolik, bukan hanya karena dukungannya terhadap rezim-rezim sayap kiri pada masa lampau, tetapi juga karena ia dituduh mendukung kaum homoseksual.

Boff adalah seorang yang gigih membela dan berjuang untuk hak-hak asasi manusia, menolong merumuskan perspektif Amerika Latin yang baru, dengan "hak untuk kehidupan dan cara-cara untuk mempertahankannya dengan kehormatan". Karya para teolog pembebasan yang handal menolong terbentuknya lebih dari sejuta "komunitas basis gereja" di antara orang-orang Katolik yang miskin di Brasil dan di Amerika Latin. Gerakan ini {dan Boff) juga mengkritik peranan Gereja Katolik Roma dalam tatanan sosial dan ekonomi yang menindas komunitas-komunitas di mana mereka bekerja. Boff menemukan banyak pembenaran untuk karyanya dalam Bab 1, No. 8 dari Lumen Gentium ("Terang Bangsa-bangsa"), sebuah dokumen dari Vatikan II. Saat ini, ia kritis terhadap kekuatan-kekuatan non-religius serta menganggap kepemimpinan George W. Bush dan Ariel Sharon sebagai kepemimpinan dari negara teroris yang fundamentalis.

Pimpinan di lingkungan Gereja Katolik Roma tidak menerima kritiknya terhadap kepemimpinan Gereja. Mereka juga merasa bahwa advokasi hak-hak asasi manusianya telah "mempolitisasi segala sesuatu" dan menuduhnya menganut Marxisme. Pada 1985, Kongregasi untuk Doktrin Iman (turunan modern dari Inkuisisi Roma) yang saat itu dipimpin oleh Kardinal Joseph Ratzinger (kini Paus Benediktus XVI), membungkamnya selama satu tahun karena bukunya Gereja: Kharisma dan Kuasa. Ia hampir dibungkam sekali lagi pada 1992 oleh Roma, kali ini untuk menghalanginya dari ikut serta dalam Eco-92 Konferensi Puncak Bumi di Rio de Janeiro, yang akhirnya membuatnya meninggalkan ordo Fransiskan dan pelayanan keuskupan. Boff telah bekerja sebagai profesor dalam bidang teologi, etika, dan filsafat di seluruh Brasil hampir sepanjang hidupnya dan juga sebagai dosen di banyak universitas di luar negeri seperti misalnya Universitas Heidelberg, Universitas Harvard, Universitas Salamanca, Universitas Lisabon, Universitas Barcelona, Universitas Lund, Universitas Louvain, Universitas Paris, Universitas Oslo, Universitas Turino dan lain-lainnya. Ia telah menulis lebih dari 100 buah buku, yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa utama di dunia. Pada 2001 ia dianugerahi Anugerah Hidup yang Benar oleh Parlemen Swedia.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar s[sunting | sunting sumber]