Lembang (bentuk lahan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah lembang atau biolembang dibangun di daerah perumahan untuk mengelola limpasan air hujan

Lembang atau lembangan adalah tempat yang teduh, atau tempat yang cekung atau berawa.[1] Dalam penggunaan AS khususnya, ini adalah saluran dangkal dengan sisi yang landai. Lembang seperti itu bisa terbentuk secara alami atau buatan manusia. Lembang buatan seringkali merupakan cekungan resapan, yang dirancang untuk mengelola limpasan air, menyaring polutan, dan meningkatkan infiltrasi air hujan.[2] Biolembang adalah lembang yang melibatkan penyertaan tanaman atau vegetasi dalam konstruksinya, khususnya.[3]

Di darat[sunting | sunting sumber]

Penggunaan lembang telah dipopulerkan sebagai strategi pemanenan air hujan dan konservasi tanah oleh Bill Mollison, David Holmgren, dan pendukung permakultur lainnya. Dalam konteks ini sengkedan biasanya berupa parit pemanen air pada kontur, disebut juga diinding kontur .[4] [5]

Sebuah lembangan alami

Lembang seperti yang digunakan dalam permakultur dirancang oleh ahli permakultur untuk memperlambat dan menangkap limpasan dengan menyebarkannya secara horizontal melintasi bentang lahan (sepanjang garis kontur elevasi ), memfasilitasi infiltrasi limpasan ke dalam tanah. Bentuk tipikal lembang ini adalah "parit" atau "lekukan" yang digali, miring, seringnya dengan lereng rumput atau buluh di bentuk lahan. Salah satu pilihannya adalah dengan menumpuk tanah rampasan ke tepian baru di lereng yang lebih rendah, di mana pematang atau tanggul terbentuk, mengurangi risiko alami (dan sering kali peningkatan bentang lahan ) terhadap lereng di bawahnya dan ke saluran air yang terhubung dari banjir bandang .

Di tempat gersang dan kering musiman, vegetasi (ada atau ditanam) di lembang sangat diuntungkan oleh konsentrasi limpasan. Pepohonan dan semak belukar di sepanjang sengkedan dapat memberikan keteduhan dan mulsa yang mengurangi penguapan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chambers Dictionary, Edinburgh, 1998, p. 1668.
  2. ^ "Storm Water Technology Fact Sheet: Vegetated Swales". Washington, D.C.: U.S. Environmental Protection Agency (EPA). September 1999. EPA 832-F-99-006. 
  3. ^ "Stormwater Best Management Practice: Grassed Swales" (PDF). EPA. December 2021. hlm. 3. EPA 832-F-21-031P. 
  4. ^ "Water Harvesting: Microcatchment Contour Bunds". Food and Agriculture Organization. Diakses tanggal 2009-11-26. 
  5. ^ "Soil contour bunds" (PDF). mamud.com. United Nations Office for Project Services. 1998. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2017-05-17. Diakses tanggal 2009-11-26.