Lembaga Oseanografi Scripps

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lembaga Oseanografi Scripps (kadang-kadang dirujuk sebagai SIO atau Scripps saja) di La Jolla, California adalah pusat penelitian ilmu samudra yang tertua, terbesar dan terpenting di dunia. Di sini terdapat pelatihan untuk ilmuwan kelautan yang ingin mengambil gelar Ph.D dan pelayanan publik. Stafnya menyelenggarakan penelitian oseanografi dengan bantuan kapal-kapal penelitian oseanografis dan laboratorium-laboratorium yang berbasis di pantai. Masyarakat lebih mengenal Lembaga ini melalui Akuarium Birchnya.

Program-program penelitian[sunting | sunting sumber]

Dermaga di Lembaga Oseanografi Scripps

Program-program penelitian lembaga ini mencakup studi biologi, fisik, kimia, geologis, dan geofisika samudra. Scripps juga mempelajari topografi dan komposisi dasar laut, gelombang dan arus, aliran dan pertukaran materi antara air laut dan dasar laut atau atmosfer serta kepedulian lingkungan di terra firma. Kapal penelitian Scripps digunakan pada penyelidikan hal-hal ini di laut-laut dunia. Lebih dari 300 program dilakukan setiap saat, termasuk penelitian tentang interaksi antara udara dan samudra, ramalan cuaca, gempa bumi, dan fisiologi satwa laut, struktur kimia laut, erosi pantai, rantai makanan biota laut, ekologi organisme laut, sejarah geologi lembah dasar laut, dan aspek multi disiplin dari perubahan global dan lingkungan. Terkait dengan penelitian ini, Scripps menawarkan gelar doktor dalam Oseanografi, Biologi Kelautan dan Ilmu Pengetahuan Kebumian.

Pelayaran berkisar dari perjalanan menuju obyek penelitian lokal, atau dengan jarak tertentu, hingga ekspedisi lepas pantai di laut laut dunia. Semua penelitian dibiayai dari kontrak dan dana bantuan, mayoritas berasal dari federal, dana ini meliputi banyak penelitian kelautan.

Pekerja di Scripps mencapai 1.300 orang, di antaranya termasuk 90 dosen dengan sekitar 300 ilmuwan, dan ditambah 200 mahasiswa pasca-sarjana, dengan anggaran tahunannya lebih dari US$140 juta. Lembaga ini mengoperasikan empat buah kapal penelitian oseanografis dan sebuah platform FLIP untuk penelitian kelautan. Scripps telah berperan sebagai manajer dari Program Pengeboran Laut Dalam.

Lembaga Scripps secara luas dianggap sebagai padanan di Pantai Barat dari Lembaga Oseanografi Woods Hole di Massachusetts. Namun, analoginya tidak tepat. Scripps adalah bagian dari Universitas California, San Diego, sementara Woods Hole adalah sebuah kelompok nirlaba independen yang bekerja sama dengan MIT.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lembaga Scripps didirikan pada 1903 dengan nama "Laboratorium Biologis Laut George H. Scripps Memorial," sebuah laboratorium penelitian biologi yang independen, oleh profesor Zoologi Universitas California , William E. Ritter, dengan dukungan dari Ellen Browning Scripps dan belakangan saudara laki-lakinya E. W. Scripps. Mereka sepenuhnya mendanai Scripps selama beberapa tahun pertamanya.

Pada 1912 Scripps menjadi bagian dari Universitas California dan namanya diubah menjadi "Lembaga Scripps untuk Penelitian biologis". Pada tahun 1960-an, di bawah direktur SIO Roger Revelle, lembaga ini membentuk cikal-bakal pembentukan Universitas California San Diego.

Usaha penelitian umum[sunting | sunting sumber]

  1. Divisi Riset Iklim
  2. Divisi Riset Pengetahuan Geologi
  3. Divisi Kelautan Terintegrasi
  4. Divisi Riset Biologi Kelautan
  5. Divisi Riset Fisik Kelautan

Akuarium Birch[sunting | sunting sumber]

Akuarium Birch adalah salah satu bagian dari Lembaga Scripps, dan terbuka untuk umum. Biaya untuk masuk akuarium ini sebesar US$ 1.

Di sini tersedia bermacam macam kursus dan informasi tentang ilmu samudra bagi murid murid SD hingga SMA. Dibandingkan dengan SeaWorld San Diego, Akuarium Birch termasuk kecil, tetapi spesies yang terdapat di pamerkan di dalamnya termasuk yang paling aneh dan menarik karena baru ditemukan. Di Akuarium Birch tidak ada pertunjukan binatang, karena fungsi utamanya bukan untuk menghibur tetapi mendidik.

Kapal-kapal penelitian[sunting | sunting sumber]

Kapal submersible Star III yang telah dipensiunkan

Kapal-kapal penelitian dan platform yang saat ini dioperasikan oleh Lembaga Oseanografi Scripps adalah: