Layanan hos video

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Layanan hos video adalah layanan yang memungkinkan seseorang untuk mengunggah klip video ke sebuah situs Internet. Hos video kemudian akan menyimpan video pada server, dan memberikan jenis kode yang berbeda-beda untuk mengizinkan orang lain melihat video ini. Situs web ini, yang terutama digunakan sebagai situs hos video, biasanya disebut situs berbagi video (video sharing website).

Pendorong[sunting | sunting sumber]

Karena banyak pengguna tidak memiliki ruang web yang tidak terbatas, baik sebagai layanan berbayar maupun melalui penawaran ISP, layanan hos video menjadi populer, khususnya saat populernya blog, forum internet, dan halaman interaktif. Pasar untuk ponsel kamera meningkatkan jumlah video yang dibuat oleh pengguna (user-generated video). Metode distribusi video pribadi secara tradisional, seperti membuat DVD untuk ditampilkan kepada teman-teman di rumah, menghasilkan resolusi rendah dan volume tinggi di klip dari ponsel kamera. Sebaliknya, sambungan Internet lebar luas (broadband) cocok untuk menyajikan kualitas rekaman video pada telepon genggam. Kebanyakan orang tidak memiliki server web sendiri, dan ini memunculkan kebutuhan akan hos video yang dibuat pengguna.[1][2]

Tujuan layanan hos video (bagi pengguna)[sunting | sunting sumber]

  • Menghemat biaya lebar pita, bahkan menghilangkan biaya sepenuhnya
  • Menciptakan tempat untuk umum
  • Menciptakan pengalaman tanpa kesulitan, di mana mengunggah suatu video dan streaming atau menyematkan video sebelumnya membutuhkan pengetahuan pemrograman tingkat lanjut. Kini, umumnya pengalaman tersebut telah dicapai melalui peramban web, dengan sedikit keterampilan pemrograman.

Sejarah layanan hos video[sunting | sunting sumber]

Sebelum Vimeo dan kemudian YouTube mengubah cara sebuah video di-hos di web, situs hos video internet pertama adalah shareyourworld.com. Sama seperti layanan hos modern, situs ini memungkinkan penggunanya mengunggah video klip atau penuh dalam format berkas yang berbeda. Situs ini didirikan tahun 1997 oleh Chase Norlin dan beroperasi hingga 2001 di mana situs tersebut ditutup karena masalah biaya dan lebar pita.[3]

Dukungan format video gratis[sunting | sunting sumber]

Beberapa situs web lebih memilih menggunakan format-format video terbuka seperti Ogg atau WebM (Lihat juga VP8, HTML5-TV, dan Kategori:Perangkat lunak video gratis). Secara khusus, komunitas Wikipedia pendukung format Ogg dan beberapa situs web saat ini mendukung pencarian khusus untuk video WebM.

Masalah hak cipta[sunting | sunting sumber]

Di beberapa situs web, para pengguna berbagi suatu film keseluruhan dengan memecahnya menjadi bagian-bagian yang seukuran dengan batas durasi video yang ditentukan oleh situs tersebut (misalnya batas durasi video adalah 15 menit). Suatu cara yang muncul bagi pengguna untuk menyamarkan judul film yang mereka bagi adalah menyediakan judul yang dikenali oleh manusia tetapi tidak akan cocok di mesin pencari standar.

Situs layanan hos video[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]