Laporan Komisi Intelijen Senat tentang penyiksaan oleh CIA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Committee Study of the Central Intelligence Agency's Detention and Interrogation Program, umumnya disebut CIA Torture Report, adalah laporan yang disusun Panitia Khusus Senat Amerika Serikat Bidang Intelijen (SSCI) mengenai Program Penahanan dan Interogasi Central Intelligence Agency (CIA) dan segala bentuk penyiksaan (disebut "teknik interogasi canggih" dalam komunike pemerintah A.S.) terhadap tahanan antara tahun 2001 dan 2006.

Laporan setebal 6.000 halaman yang disusun selama lima tahun dan memakan biaya $40 juta ini[1] menjelaskan secara rinci tindakan-tindakan penyiksaan oleh pejabat CIA (termasuk perlakuan yang tidak baik terhadap tahanan secara sistemik) dan berbagai kekurangan proyek penahanan tersebut. Pada tanggal 9 Desember 2014—delapan bulan setelah muncul keputusan untuk merilis sebagian laporan ini—SSCI merilis potongan laporan setebal 525 halaman yang mencakup temuan-temuan utama dan ringkasan eksekutif mengenai laporan lengkap tersebut. Sisanya masih dirahasiakan atas alasan yang tidak diketahui.[2][3][4]

Laporan tersebut membahas tindakan-tindakan yang dilancarkan sejumlah pejabat CIA seperti menyiksa tahanan dan memberi informasi palsu mengenai program-program CIA kepada pejabat pemerintahan dan media. Laporan ini juga mengungkapkan keberadaan tahanan yang tidak pernah diketahui sebelumnya, fakta bahwa jumlah tahanan yang mengalami tindak kekerasan lebih banyak daripada yang dilaporkan, dan teknik-teknik interogasi yang tidak pernah dilaporkan secara resmi. Laporan ini menyertakan kesimpulan soal proyek penahanan ini, termasuk penjelasan bahwa teknik interogasi canggih gagal menghasilkan informasi intelijen berharga serta gagal menciptakan kemauan tahanan untuk bekerja sama.[5]

Sejumlah pihak, termasuk pejabat CIA dan beberapa politikus Amerika Serikat, menyangkal keakuratan laporan ini dan merasa keberatan atas publikasinya yang setengah-setengah.

Upaya modifikasi Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 9 dan 10 Agustus 2014, seorang pengguna anonim dari alamat IP yang terdaftar sebagai milik Senat Amerika Serikat berusaha menghapus julukan "penyiksaan" terhadap "teknik interogasi canggih" CIA dari artikel Wikipedia yang membahas laporan penyiksaan CIA. Upaya ini diketahui pengguna Wikipedia dan langsung dibalikkan; identitas staf Senat tersebut belum diketahui per 12 Desember 2014.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Spencer Ackerman (9 December 2014). "CIA's brutal and ineffective use of torture revealed in landmark report". The Guardian. Diakses tanggal 9 December 2014. 
  2. ^ Lauren Hodges (8 December 2014). "Congress Clashes Over Release of CIA Torture Report". NPR News. Diakses tanggal 8 December 2014. 
  3. ^ Spencer Ackerman (5 August 2014). "Top senator rejects CIA torture report redactions ahead of public release". The Guardian. Diakses tanggal 8 December 2014. 
  4. ^ "Here's What Dianne Feinstein Said About the Torture Report". Time Magazine. Diakses tanggal 9 December 2014. 
  5. ^  Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari Pemerintah Amerika Serikat dokumen "Committee Study of the Central Intelligence Agency's Detention and Interrogation Program, United States Senate Select Committee on Intelligence" (diakses December 9, 2014).
  6. ^ Ries, Brian (11 Dec 2014). "Senate staffer tries to scrub 'torture' reference from Wikipedia's CIA torture article". mashable.com. Diakses tanggal 12 Dec 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]