Laponia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laponia
Sarek Skierffe Rapadelta.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara Swedia
Tipe Alami dan budaya
Kriteria iii, v, vii, viii, ix
Nomor identifikasi 774
Kawasan UNESCO Eropa
Tahun pengukuhan 1996 (sesi ke-20)

Daerah Laponia merupakan alam pegunungan besar di provinsi Lapland, sebelah utara Swedia lebih tepatnya di Kota Gallivare, Kota Arjeplog dan Kota Jokkmokk. Laponia diangkat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996, sebagian besar telah menikmati status yang dilindungi ini sejak awal abad 20.

Luas total sekitar 9.400 km², menjadikannya sebagai daerah alam terbesar di dunia yang tidak berubah dan masih dibudidayakan oleh penduduk asli-pribumi dalam hal ini adalah orang Sami, kelompok penggembala rusa kutub atau juga dikenal sebagai Lapp (meskipun istilah ini dianggap menghina). Hanya sebagian dari daerah tersebut yang sebenarnya digunakan untuk padang rumput oleh mereka. Dengan ruang yang besar, geografi daerah tersebut sangat bervariasi, tetapi didominasi oleh pegunungan, sungai dan danau. Setiap cagar alam dan taman nasional memiliki fitur yang khas. Jumlah salju di musim dingin dan hujan di musim panas cukup besar.

95% dari daerah ini dilindungi sebagai taman nasional atau cagar alam. Daerah ini terdiri dari Taman Nasional Muddus, Sarek, Padjalenta dan Stora Sjöfallet, dan cagar alam Sjaunja dan Stubba. 5% sisanya berada di daerah Sulitelma, Tjuoltadalen, dan Rapadalen (sebagian terdapat di taman Sarek). Desa Porjus adalah titik masuk alami ke daerah Laponia dan baru-baru ini membuka pusat informasi.

Daerah Laponia juga berisi tiga stasiun tenaga air besar dan perluasan 100 stasiun tenaga angin di dalam kawasan warisan dunia tersebut juga direncanakan.

Gunung tertinggi di daerah tersebut adalah Sarektjåhkkå dengan ketinggian 2.089 meter.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 67°19′01″LU 17°34′01″BT / 67,317°LU 17,567°BT / 67.317; 17.567