Lapangan Naqsh-e Jehaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Meidan Shah, Esfahan
Lpaangan Naqhsh-e Jehaan: Masjid Ali Qapu (kanan), Sheikh Luthfallah (kiri) dan Masjid Syah (depan)
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Iran
Tipe Budaya
Kriteria i, v, vi
Nomor identifikasi 115
Kawasan UNESCO Asia-Pasifik
Tahun pengukuhan 1979 (sesi ke-3)

Lapangan Naqsh-e Jehaan (atau Meidan Emam) terletak di pusat kota Isfahan Iran adalah salah satu lapangan terbesar di dunia. Lapangan seluas sembilan hektare ini dikelilingi oleh bangunan peninggalan Dinasti Shafawi. Secara resminya dikenal sebagai Medan Imam (میدان امام), dahulu bernama Medan Shah (میدان شاه). Lapangan ini digambarkan pada sisi belakang uang 20.000 rial Iran[1]. Area ini dibangun antara 1598 sampai 1629 dan menjadi saksi akan kehidupan sosial dan budaya di Persia pada era Safawi. Pada tahun [[1979]ni ] lapangan ini ditetapkan sebagai situs sejarah penting dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Lapangan ini berbentuk persegi panjang dengan panjang 560 meter dan lebar 160 meter dengan posisi sejajar arah utara-selatan. Ini adalah sistem pusat kota terbesar di dunia. Di sekelilingnya terdapat pasar, majelis pengadilan, taman bermain dan dikelilingi bangunan monumental seperti Istana Ali Qapu , Masjid dan Bazar Isfahan. Bentuk bangunan disekitar lapangan terdiri dari dua lantai, framing persegi dan saling terhubung. Misalnya, tambahkan pusat kota dan bangunan sekitarnya menjadi ansambel tertutup yang dimaksudkan untuk melambangkan hubungan antara ulama, penguasa dan perdagangan.

Lapangan terbuka biasa digunakan sebagai tempat pertemuan, perdagangan , pengadilan serta untuk acara olahraga dan perayaan keagamaan. Ukuran lapangan yang mengesankan karena fakta bahwa Sultan Abbas I adalah pemain polo dan lapangan itu juga dijadikan sebagai lapangan olahraga polo dengan ukuran 274 kali 182 meter.[2]

Masjid Syah terletak di sisi selatan lapangan ini. Di sisi barat lapangan ini terdapat Istana Ali Qapu. Masjid Syekh Luthfallah terletak di bagian timur lapangan ini dan di bagian utara terdapat Bazar Isfahan.

Panorama[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Meidan Emam
Pemandangan lain dari Meidan Emam

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Central Bank of Iran. Banknotes & Coins: 20000 Rials. – Retrieved on 24 March 2009.
  2. ^ Wilber, Donald; Aspects of the Safavid Ensemble at Isfahan, in Iranian Studies VII: Studies on Isfahan Part II, p 407-408.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]