Lapangan Bauhinia Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lapangan pada malam hari (2004)

Lapangan Bauhinia Emas (Hanzi: 金紫荊廣場; Jyutping: gam1 zi2 ging1 gwong2 coeng4) adalah sebuah kawasan terbuka di Wan Chai, Hong Kong. Lapangan tersebut dinamai dari patung raksasa Bauhinia blakeana emas di tengah lapangan. Lapangan ini terletak di luar Pusat Pameran dan Konvensi Hong Kong, tempat upacara penyerahan Hong Kong dan pembentukan Daerah Administratif Khusus Hong Kong digelar pada bulan Juli 1997. Upacara bendera dilaksanakan setiap hari pada pukul 8 pagi. Upacara ini dianggap sebagai daya tarik wisata.

Patung yang berupa bunga bauhinia berwarna emas memiliki tinggi enam meter. Bagian utamanya terdiri dari bauhinia pada dasar tiang granit merah di atas piramida.

Lapangan Bauhinia Emas
Hanzi tradisional: 金紫荊廣場
Hanzi sederhana: 金紫荆广场

Patung ini dianggap sebuah lambang penting bagi orang Hong Kong setelah penyerahan. Pada hari kedua Tahun Baru Imlek dan Hari Nasional Republik Rakyat Tiongkok, lapangan diterangi oleh pertunjukan kembang api. Bauhinia Emas juga telah dijuluki "Pakcoy Emas" oleh penduduk setempat.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sharp, Mark (23 May 2014). "What is Hong Kong's biggest eyesore? Ugly side of city exposed by decades of bad decisions". South China Morning Post. Diakses tanggal 23 May 2014. Surprise and disbe-leaf: The Golden Bauhinia in Wan Chai, ingloriously nicknamed the “Golden Pak Choi”, got a big thumbs-down.