Lao Shu Ai Da Mi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lao Shu Ai Da Mi (Romanisasi, Hanzi sederhana: 老鼠爱大米; Hanzi tradisional: 老鼠愛大米; Pinyin: Lǎoshǔ Ài Dàmǐ) adalah sebuah lagu pop Tiongkok tahun 2004 karangan guru musik tak terkenal Yang Chengang (杨臣刚) yang mana meraih popularitas seantero Asia lewat internet setelah di-posting secara daring.[1]
Versi original-free-online-nya dinyanyikan oleh Wang Qiwen (王啟文), sahabat Yang Chengang.

Musik dan lirik[sunting | sunting sumber]

Salah satu atraksi lagu adalah musik catchy sekitar lirik "I love you, loving you / As mice love rice".[2]
Mice Love Rice, adalah salah satu unduhan hits yang terkenal di Tiongkok, pada periode yang sama dengan Lilac Flower oleh Tang Lei and The Pig by Xiangxiang.[3] Lagu ini menjadi hits di Daratan Tiongkok,  Hong Kong,  Republik Tiongkok,  Indonesia,  Malaysia, dan  Singapura.

Versi cover Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Di Hong Kong, Emperor Entertainment Group membeli lisensi untuk meredistribusikan di pasar lokal dan lirik lagu Mandarin-nya ditulis kembali dalam versi Bahasa Kanton, kecuali untuk motif terkenal dari lagu yang tetap dalam bahasa Mandarin. Lagu ini dinyanyikan dalam Bahasa Kanton oleh duo penyanyi wanita Twins. Di Singapura, perusahaan rekaman Play Music memenangi hak pemasaran lagu untuk dipasarkan di Singapura, dan mereka merilis trek singel yang dinyanyikan oleh Jocie Kok (郭美美). Lagu Yang Chengang telah dinyanyikan oleh banyak seniman Tiongkok lainnya, dan Xiang Xiang (香香), penyanyi dari Daratan Tiongkok lainnya, mengeluarkan terjemahan Bahasa Inggris setelah itu, dubious grammatical accuracy.
Terdapat pula sekuel tidak resmi, "The Mouse No Longer Loves Rice" (老鼠不再爱大米) yang ditulis Chen Yipeng.

Versi luar negeri[sunting | sunting sumber]

Lagu ini telah menginspirasi lagu lainnya di seluruh dunia termasuk Sarang Haeyo (사랑해요, "I Love You") oleh penyanyi Korea Selatan Lee So-Eun (이소은), Nezumi ha Kome ga Suki (ねずみは米がすき, "Mice Love Rice") oleh penyanyi Jepang Karen Miyama, 2 versi Khmer oleh penyanyi Kamboja Chhet Sovan Panha dan Preap Sovath, Cause I Love You oleh grup vokal pria Australia North, dan Chuột yêu gạo oleh penyanyi Vietnam Thanh Thảo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shermon So, J.Christopher Westland Red Wired: China’s Internet revolution 814312274 2010 p.167 "In 2004, 26-year-old Chinese singer Yang Chengang posted “Mice Love Rice,” a song he had composed a few years earlier, online for people to freely download. Yang was a nobody at the time, but people were attracted by the song's catchy ..."
  2. ^ Harper's - Volume 314, Nos 1880 to 1884 p.67 2007 "A song called "Mice Love Rice," which had been posted online by an unknown lounge singer and music teacher named Yang Chengang, became a national mantra: "I love you, loving you/ As ...""
  3. ^ Beijing Review 2006 - Volume 49 - Page 7 "Some songs have received more than 10 million hits for downloading, including "Mice Love Rice," sung by Yang Chengang, "Lilac Flower" by Tang Lei and "The Pig" by Xiangxiang. They are fairly popular everywhere in China now."