Langres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Langres
Langres cheese.jpg
Negara asal Perancis
Wilayah Cote d'Or, Haute-Marne, Vogese
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Lembut
Kadar lemak 50%
Waktu pematangan 15-21 hari
Sertifikasi AOC[1]

Langres adalah keju dari Perancis yang memiliki bentuk silinder dengan lekuk di bagian atasnya dan kerut di permukaan.[1] Keju ini dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] Daerah asal dari keju Langres adalah di perbatasan Champagne, Burgundia dan Lothringen.[1] Nama Langres diambil dari nama dataran tinggi di daerah tersebut.[1] Kulit dari keju ini sedikit lembap dan memiliki warna yang cerah.[1] Warna cerah pada kulit keju Langres disebabkan pencucian yang terus menerus.[2] Apabila proses pematangannya sebentar maka warna kulit keju tersebut adalah kuning muda sedangkan proses pematangan yang lebih lama membuatnya menjadi berwarna coklat.[1] Bakteri berwarna oranye juga ragi tumbuh pada permukaan keju ini.[2] Lekukan di bagian atas dari keju Langres tercipta karena dadih keju dibalik sebanyak dua kali ketika dikeringkan.[2] Keju Langres pernah dipuji dalam suatu nyanyian pada abad ke-18.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 154-157.
  2. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 31.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]