Landas benua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Relief laut dan pesisir

Landas benua (bahasa Inggris: continental shelf) adalah perluasan perimeter pada masing-masing benua yang terhubung dengan dataran pesisir. Landas benua yang mengelilingi sebuah pulau disebut landas insuler. Sebagian besar landas benua terbentuk pada periode glasial, yang kemudian tenggelam di laut dangkal (dikenal dengan laut landas) atau teluk pada periode interglasial.

Tepian benua, yang terletak di antara landas benua dan dataran abisal, terdiri dari lereng benua dan dataran benua curam. Sedimen dari benua di atas permukaan air turun menuju lereng dan terkumpul sebagai tumpukan sedimen di dasar lereng benua, yang disebut dengan peninggian benua. Meluas sejauh 500 km dari lereng benua, terdapat sedimen tebal yang diendapkan oleh arus turbiditas dari landas dan lereng benua.[1] Gradien peninggian benua berada di antara lereng dan landas pada tingkat 0,5–1°.[2]

Menurut Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut, landas benua diartikan sebagai bentang dasar laut yang berdekatan dengan pesisir milik negara tertentu tempat ia berada.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pinet 39, Gross 45.
  2. ^ Pinet 37.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Gross, Grant M. Oceanography: A View of the Earth. Englewood Cliffs: Prentice-Hall, Inc., 1972. ISBN 0-13-629659-9
  • Pinet, Paul R. (1996) Invitation to Oceanography. St. Paul, MN: West Publishing Co., 1996. ISBN 0-7637-2136-0 (3rd ed.)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]