Lampropeltis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lampropeltis

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSquamata
FamiliColubridae
GenusLampropeltis
Fitzinger, 1843
Tata nama
Sinonim taksonAblabes, Anguis, Bellophis, Calamaria, Coronella, Herpetodryas, Natrix, Ophibolus, Osceola, Phibolus, Pseudelaps, Zacholus[1]

Lampropeltis adalah nama genus ular kolubrid yang terdapat di Amerika. Nama ilmiahnya, Lampropeltis="sisik bercahaya" berasal dari kata Lampros="cahaya" dan pelt(e)="perisai", merujuk pada sisik kulit mereka yang mengkilap. Dalam bahasa Inggris, ular-ular ini disebut Kingsnake (ular raja), karena ular-ular ini merupakan pemangsa ular lain, termasuk ular berbisa.

Penyebaran dan Ekologi[sunting | sunting sumber]

Lampropeltis tersebar luas di Benua Amerika, mulai dari Kanada bagian selatan hingga Ekuador bagian utara.

Pola warna yang membingungkan[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies, misalnya ular susu (Lampropeltis triangulum) dan Ular-susu scarlet (Lampropeltis elapsoides) memiliki pola warna belang yang mirip dengan ular karang Amerika, yakni belang-belang merah, hitam, dan putih atau kuning pucat. Karena itu, orang sering mengira ular-ular ini adalah ular karang berbisa, padahal ular-ular ini sebenarnya tidak berbisa samasekali. Pola warna suatu jenis hewan yang menyerupai hewan yang sebenarnya ini disebut mimikri.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar spesies menurut Reptile Database.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wright, A.H., and A.A. Wright. (1957). Handbook of Snakes of the United States and Canada. Comstock. Ithaca and London. 1,105 pp. (in 2 volumes) (Genus Lampropeltis, p. 330.)
  2. ^ Search results | The Reptile Database

  • Hubbs, Brian (2009). Common Kingsnakes. Tricolor Books, Tempe, Arizona
  • Fitzinger, 1843 : Systema Reptilium, fasciculus primus, Amblyglossae. Braumüller et Seidel, Wien, p. 1-106 (lihat teks).