Lakshman Kadirgamar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lakshman Kadirgamar
Menteri Luar Negeri Sri Lanka
Masa jabatan
1994–2001
Masa jabatan
2004 – 12 August 2005
Informasi pribadi
Lahir(1932-04-12)12 April 1932
Manipay, Distrik Jaffna, Sailan Britania
(sekarang di Sri Lanka)
Meninggal12 Agustus 2005(2005-08-12) (umur 73)
Colombo, Sri Lanka
KebangsaanSri Lankan
Partai politikUnited People's Freedom Alliance
Partai Kebebasan Sri Lanka
Alma materBalliol College, Oxford
Universitas Ceylon
Trinity College, Kandy
ProfesiPengacara
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Lakshman Kadirgamar (12 April 1932 – 13 Agustus 2005) adalah seorang politikus Sri Lanka. Dia adalah Menteri Luar Negeri Sri Lanka dari tahun 1994 hingga 2001 dan dari April 2004 hingga dibunuh pada Agustus 2005.

Kadirgamar adalah seorang Tamil beragama Kristen. Dia lulus dengan Sarjana Hukum dari Universitas Ceylon pada tahun 1953. Dia juga mempunyai gelar Sarjana Sastra dari Universitas Oxford. Dia menjadi pengacara di Sri Lanka dan London hingga tahun 1974, saat ia menjadi konsultan Organisasi Buruh Sedunia di Jenewa.

Kadirgamar adalah pendukung lama Partai Kebebasan Sri Lanka (SLFP). Dia menjadi Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan SLFP pimpinan Perdana Menteri Sirimavo Bandaranaike. Setelah kekalahan pemerintah pada tahun 2001, dia menjadi penasehat istimewa Hal Ihwal Luar Negeri kepada presiden Chandrika Kumaratunga. Meski dia sendiri berasal dari suku Tamil, dia mendukung keras kebijakan pemerintah Bandaranaike untuk tidak melakukan perundingan dengan pihak pemberontak Macan Tamil di sebelah utara Sri Lanka.

Pada tahun 2003 Kadirgamar adalah calon untuk jabatan Sekretaris Jenderal Persemakmuran Bangsa-Bangsa, namun dikalahkan Don McKinnon dari Selandia Baru.

Setelah kemenangan Aliansi Kebebasan Rakyat Bersatu pada 2 April 2004 dalam pemilu legislatif Sri Lanka, ia disebut-sebut sebagai calon Perdana Menteri Sri Lanka, namun pada 6 April Presiden Kumaratunga melantik Mahinda Rajapakse dalam jabatan tersebut. Meskipun begitu, empat hari kemudian, Kadirgamar kembali menjadi menteri luar negeri dalam kabinet baru tersebut.

Pada 12 Agustus 2005, pada sekitar pukul 11 malam, Kadirgamar ditembak sniper tak dikenal dekat rumahnya. Menurut laporan-laporan awal, dia ditembak dua kali di kepala, satu kali di leher, dan sekali di bagian tubuh. BBC melaporkan bahwa ia kemudian dioperasi sebelum akhirnya meninggal dunia pada pada pagi hari keesokan harinya. Meski belum ada pernyataan resmi, Inspektur Jenderal Kepolisian Sri Lanka menyatakan bahwa pembunuhnya berasal dari kelompok Macan Tamil.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]