La Civiltà Cattolica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kulit majalah edisi 5 Agustus 2006.

La Civiltà Cattolica (arti dalam Bahasa Italia Peradaban Katolik) adalah sebuah majalah bulanan Italia karya kaum Yesuit yang lahir pada tanggal 6 April 1850 di Naples.

Sekilas[sunting | sunting sumber]

Civiltà Cattolica adalah sebuah majalah yang diedit oleh kaum Yesuit Italia. Didirikan pada tanggal 6 April 1850, majalah ini memegang sebuah status kekuasaan yang unik karena - walaupun media ini bukanlah bagian resmi dari Vatikan - semua artikel yang diterbitkan di dalamnya harus disetujui terlebih dahulu oleh Sekretariat Negara Tahta Suci.

Pemimpin pertamanya adalah Carlo Maria Curci yang mendapatkan persetujuan dari Paus Pius IX.

Selama tahun 1880an, setelah pindah ke Roma, majalah ini ditaruh di bawah pengawasan Tahta Suci dengan jalan para editornya ditunjuk langsung oleh Kardinal Sekretaris Negara atau Sri Paus, dan banyak artikel-artikel pentingnya ditulis oleh Sri Paus sendiri.[1]

Romo Federico Lombardi, S.J., direktur Kantor Pers Vatikan saat ini, ditunjuk sebagai Deputi Editor Civiltà Cattolica pada tahun 1977. Ia memulai menulis untuk majalah ini pada tahun 1973.

Pranala[sunting | sunting sumber]

  • Pollard, John F. (2005). Money and the Rise of the Modern Papacy: Financing the Vatican, 1850–1950. Cambridge University Press.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pollard, 2005, p. 3-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 41°54′22″LU,12°29′12″BT