Kursi goyang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kursi goyang Thonet

Kursi goyang atau kursi ayun adalah jenis kursi dengan dua palang melengkung yang dipasang di bagian bawah kaki, menghubungkan kaki di setiap sisi satu sama lain. Palang lengkung kursi goyang menyentuh lantai hanya pada dua titik, memberi penghuni kemampuan untuk bergoyang maju mundur dengan menggeser berat badan mereka atau mendorong ringan dengan kaki mereka. Kursi goyang biasanya terbuat dari kayu. Beberapa kursi goyang bisa dilipat.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata kursi goyang berasal dari penggabungan kata kursi sebagai kata benda dan goyang sebagai kata kerja. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1766.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Kursi goyang yang dirancang oleh pelukis dan perancang furnitur Swedia, Karin Bergöö Larsson

Kursi goyang sering dikaitkan dengan cara pengasuhan, karena gerakan goyang yang lembut menenangkan bayi dan membuat mereka tertidur.

Banyak orang dewasa menganggap kursi goyang menenangkan karena gerakannya yang lembut. Gerakan goyang yang lembut telah terbukti memberikan awal tidur yang lebih cepat daripada diam, meniru proses orang tua yang menggoyang anaknya untuk tidur.

Kursi goyang juga nyaman karena, ketika pengguna duduk di salah satu tanpa goyang, kursi secara otomatis bergoyang ke belakang sampai pusat gravitasi, sehingga memberikan manfaat ergonomis dengan penghuni tetap pada posisi dan sudut yang tidak tertekan.

Varietas kursi goyang termasuk yang dipasang di pangkalan pegas (atau platform) yang disebut "rocker platform" dan yang memiliki penyangga ayun yang umumnya dikenal sebagai pengayun.