Kungkang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kungkang[1]
Kungkang leher cokelat tiga jari(Bradypus variegatus)Danau Gatun, Republik Panama.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Upakelas: Theria
Infrakelas: Eutheria
Superordo: Xenarthra
Ordo: Pilosa
Upaordo: Folivora
Delsuc, Catzeflis, Stanhope, dan Douzery (2001)
Famili

Bradypodidae
Megalonychidae
Megatheriidae
Mylodontidae
Nothrotheriidae

Kungkang adalah mamalia berukuran sedang yang termasuk dalam famili Megalonychidae (kungkang dua jari) dan Bradypodidae (kungkang tiga jari) yang digolongkan menjadi enam spesies. Hewan ini merupakan bagian dari ordo Pilosa sehingga ada hubungannya dengan pemakan semut yang mempunyai kemiripan cakar. Kungkang adalah hewan arboreal (bertempat tinggal di pohon) yang menghuni rimba di Amerika Tengah dan Selatan. Spesies kungkang yang telah punah meliputi sejumlah besar kungkang darat yang beberapa di antaranya berukuran sebesar gajah.

Kungkang menjadi habitat yang baik bagi organisme lain. Seekor kungkang dapat dijadikan tempat tinggal bagi ngengat, kumbang, kecoa, ciliata, fungi, dan alga.[2] Hewan ini terkenal akan geraknya yang lamban.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gardner, Alfred (November 16, 2005). In Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds). Mammal Species of the World (ed. 3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 100–101. ISBN 0-801-88221-4. 
  2. ^ Horne, Genevieve (14 April 2010). "Sloth Fur Has Symbiotic Relationship with Green Algae". BioMed Central. Springer Science+Business Media. Diakses 15 Februari 2013.