Lompat ke isi

Kumpele gaji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kumpele gaji
Diagramma pictum
Status konservasi
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoLutjaniformes
FamiliHaemulidae
GenusDiagramma
SpesiesDiagramma pictum
(Thunb., 1792)
Tata nama
Sinonim takson
  • Perca picta Thunberg, 1792
  • Plectorhinchus pictus (Thunberg, 1792)
  • Spilotichthys pictus (Thunberg, 1792)[1]
ProtonimPerca picta

Kumpele gaji atau pinang-pinang (Diagramma pictum) adalah spesies ikan laut bersirip kipas dalam famili Haemulidae. Ini tersebar luas di seluruh perairan tropis di wilayah Indo-Pasifik Barat.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kumpele gaji memiliki bibir berdaging yang bertambah besar saat ikan dewasa. Ada 6 pori di dagu tetapi lubang median tidak ada. [3] Sirip punggung mengandung 9–10 duri dan 22-25 duri lunak sedangkan sirip dubur mengandung 3 duri dan 7 duri lunak. [1] Orang dewasa didominasi warna biru-abu-abu yang ditandai dengan bintik-bintik kuning cerah hingga oranye keemasan yang sering membentuk pola garis-garis di kepala. Bagian dalam mulut berwarna oranye cerah hingga merah. Sirip punggung memiliki pinggiran hitam, sirip dubur dan perut memiliki ujung hitam. Remaja memiliki garis-garis hitam dan putih bolak-balik yang jelas. Bagian bawah mereka berwarna kuning keperakan dan mereka memiliki sirip punggung dan ekor berwarna kuning yang ditandai dengan bercak hitam dan garis putus-putus. Garis-garis tersebut tumbuh seiring pertumbuhan ikan dan mulai membelah menjadi bintik-bintik kecil melingkar kemudian memudar pada tubuh meskipun kadang-kadang tertahan di sirip ekor. [3] Spesies ini mencapai panjang total maksimum 100 cm (39 in), meskipun 55 cm (22 in) adalah panjang yang lebih umum, dan bobot maksimum yang diterbitkan adalah 63 kg (139 pon) . [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "{{{genus}}} {{{species}}}". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. February 2021 version. N.p.: FishBase, 2021. Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "Fishbase" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ "Diagramma pictum https://www.iucnredlist.org/species/46085892/57127586".  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  3. ^ a b R.J. MacKay (2001). "Haemulidae". Dalam Carpenter, K.E.; Neim, Volker H. The Living Marine Resources of the Western Central Pacific Volume 5: Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae) (PDF). FAO Species Identification Guide for Fishery Purposes. FAO Rome. hlm. 2983.