Krokot musim dingin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Krokot musim dingin
Claytonia perfoliata

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliMontiaceae
GenusClaytonia
SpesiesClaytonia perfoliata
Willd., 1798
Tata nama
Ex taxon authorDonn

Claytonia perfoliata, umumnya dikenal sebagai selada penambang, selada India, atau krokot musim dingin, merupakan tanaman berbunga dalam keluarga Montiaceae . Ini adalah tanaman tahunan yang dapat dimakan, berdaging, herba, asli pegunungan barat dan wilayah pesisir Amerika Utara.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Claytonia perfoliata adalah tanaman pembentuk roset lembut yang tumbuh setinggi sekitar 30 sentimeter (12 inci), [1] namun tanaman dewasa bisa berukuran pendek.1 cm (38 in) . Kotiledon biasanya berwarna hijau cerah (jarang berwarna hijau keunguan atau kecoklatan), segar, panjang dan sempit. Daun sejati pertama membentuk roset di pangkal tanaman, dan berbentuk roset05 hingga 4 cm (2 hingga 1+58 in) panjang, dengan tangkai daun yang biasanya panjang (sangat panjang hingga 20 cm or 8 in waktu lama).

Bunga kecil berwarna merah muda atau putih memiliki lima kelopak2 hingga 6 milimeter (116 hingga 14 in) panjang. Bunganya muncul dari bulan Februari hingga Mei atau Juni dan dikelompokkan bersama 5–40. Bunganya tumbuh di atas sepasang daun yang disambung mengelilingi batang sehingga tampak sebagai satu daun melingkar. Tanaman dewasa membentuk roset; mereka memiliki banyak batang tegak hingga menyebar yang bercabang dari pangkalnya

C. perfoliata umum terjadi pada musim semi, dan lebih menyukai lingkungan sejuk dan lembap. Tanaman ini pertama kali muncul di daerah yang diterangi matahari setelah hujan lebat pertama pada tahun tersebut, meskipun tanaman terbaik ditemukan di daerah yang teduh, terutama di dataran tinggi, pada awal musim panas. Saat hari semakin panas dan kering, daunnya berubah warna menjadi merah tua saat mengering.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini berasal dari Meksiko dan Amerika Utara bagian barat hingga British Columbia. [2]

Tanaman ini telah diperkenalkan dan dinaturalisasi secara luas di Eropa Barat, Argentina dan Selandia Baru [2] Tanaman ini diperkenalkan ke Eropa pada abad ke-18, kemungkinan oleh naturalis Archibald Menzies, yang membawanya ke Kew Gardens di London pada tahun 1794 [3] [4] Ini pertama kali tercatat di alam liar di Inggris di South Hampshire pada tahun 1849 dan masih menyebar. [5] Pada tahun 2019 penampakan tanaman ini telah ditemukan hingga ke pedalaman Arkansas.[6]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Krokot musim dingin disajikan sebagai salad

Nama umum selada penambang mengacu pada bagaimana tanaman itu digunakan oleh para penambang selama Demam Emas California, yang memakannya untuk mencegah penyakit kudis . [7] [8] [9] Musimnya terjadi pada bulan April dan Mei, dan dapat dimakan sebagai sayuran daun . [10] Seluruh tanaman dapat dimakan, kecuali akarnya, dan mengandung vitamin C. [11] Paling umum, dimakan mentah dalam salad, tapi tidak selembut selada yang dibudidayakan . Kadang-kadang direbus seperti bayam, yang rasanya mirip dan komposisi kimianya. Penggunaannya harus hati-hati karena C. perfoliata liar terkadang dapat mengakumulasi oksalat larut dalam jumlah beracun (juga terdapat dalam bayam). [12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ediblewildplants2009
  2. ^ a b "Claytonia perfoliata Donn. ex Willd". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 28 April 2023. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama atlantic11
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama menzies1792
  5. ^ P.A. Stroh, T. A. Humphrey, R.J. Burkmar, O.L. Pescott, D.B. Roy, & K.J. Walker (ed.). "Claytonia perfoliata Donn ex Willd". BSBI Online Plant Atlas 2020. Diakses tanggal 28 April 2023. 
  6. ^ Schneider, Adam C. (October 2019). "Claytonia Perfoliata (Montiaceae) Newly Reported In Arkansas, U.S.A.". Journal of the Botanical Research Institute of Texas. 13 (2): 495–497. doi:10.17348/jbrit.v13.i2.806. ISSN 1934-5259. JSTOR 26844050. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ernesttop100_2014
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama note1
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama note2
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama lyons1956
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama foragingedibleplants2016
  12. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama UCD