Kristal nano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kristal nano atau nanocrystal adalah material berukuran nano dengan dimensi tidak lebih dari seratus nanometer dan berbentuk kristalin. Pada umumnya, material dengan dimensi kurang dari satu mikrometer atau seribu nanometer biasa disebut partikel nano. Namun jika material tersebut menunjukkan sifat kristalinitas, maka bisa disebut dengan nanokristal[1][2][3].

Nanokristal silikon bisa membuat emisi cahaya yang lebih efisien dibandingkan kristal silikon curah[4] dan bisa digunakan sebagai komponen memori.

Kristalin partikel nano yang terbuat dari zeolite biasa digunakan sebagai filter untuk mengubah minyak mentah menjadi bahan bakar diesel pada kilang minyak milik ExxonMobil di Lousiana, sebuah metode yang lebih murah dari pada cara konvensional. Lapisan kristalin partikel nano digunakan pada panel surya tipe baru yang dinamakan SolarPly, dibuat oleh Nanosolar. Ini lebih murah dari pada panel surya lainnya, lebih fleksibel, dan diklaim memiliki 12% efisiensi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fahlman, B. D. 2007. Materials Chemistry. Springer: Mount Pleasant, Michigan. Vol. 1
  2. ^ Burt, J. L. 2005. "Beyond Archimedean solids: Star polyhedral gold nanocrystals". J. Cryst. Growth 285: 681.
  3. ^ Xu, J .2008. "Hydrothermal syntheses of gold nanocrystals: From icosahedral to its truncated form". Advanced Functional Materials 18: 277.
  4. ^ Pavesi, Lorenzo (2000). "Optical gain in silicon nanocrystals". Nature 408: 440.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]