Kosmogram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diagram geometris "Yerusalem Baru" karya penulis John Michell.

Kosmogram adalah benda berbentuk datar geometris yang menggambarkan kosmologi. Beberapa di antaranya diciptakan untuk tujuan meditasi. Mandala adalah jenis kosmogram yang paling terkenal, tetapi diagramnya serupa dengan schema yang juga digunakan di Eropa barat selama Abad Pertengahan.

Banyak kosmogram yang berbentuk lingkaran dengan bujur sangkar atau lingkaran dengan salib. Lingkaran mewakili alam semesta, atau kesatuan. Persegi atau salib mewakili Bumi, empat arah. Bagian pusatnya mewakili individu. Banyak diagram yang berbentuk lingkaran dan bujur sangkar atau salib yang ditafsirkan sebagai kosmogram, meskipun mungkin tidak sengaja dibuat berbentuk seperti kosmogram. Misalnya, koin Tiongkok kuno yang bulat dengan lubang persegi di tengahnya atau bentuk papan permainan Ludo, bisa saja ditafsirkan sebagai kosmogram.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pogačnik, Marko (2003). "Interview with Marko Pogačnik, the designer of the Slovene coat of arms, carried out before the national celebration in 2003 by the Radio Maribor journalist Barbara Leskovar" (dalam bahasa Slovenian and English). Ljudmila.org.