Korps Relawan Papua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Korps Relawan Papua
Papua Vrijwilligers Korps
Lambang PVK
Didirikan21 Februari 1961
Dibubarkan1963
AngkatanPertahanan
Markas besarHollandia
Kepemimpinan
KolonelW.A.van Heuven (terakhir)
Menteri KoloniCharles Welter (terakhir)
Kekuatan personel
Wajib militerTidak ada
Penambahan
usia militer/tahun
(1000)
Artikel terkait
Operasi militerPersengketaan Irian Barat, Konflik Papua

Korps Relawan Papua (PVK, Belanda: Papoea Vrijwilligers Korps) adalah korps beranggotakan orang Papua yang dibentuk pada tanggal 21 Februari 1961. Korps ini dibentuk untuk membantu mempertahankan Nugini Belanda dari penyusupan Angkatan Darat Indonesia. Pada Desember 1959, Kabinet Belanda menyetujui pembentukan korps ini dengan tugas sebagai polisi semi-militer.

PVK terdiri dari penduduk Papua dari berbagai macam suku. Korps ini dipimpin oleh kolonel marinir W.A. van Heuven. PVK memilih burung kasuari sebagai lambangnya dan mottonya adalah Persevero (saya bertahan). PVK dipersenjatai dan para anggotanya mengenakan seragam khaki dan topi yang miring ke kiri atas; topi tersebut dihiasi lambang PVK dan bulu burung.

Pada tahun 1961–1962, ancaman Indonesia terus meluas. Setelah urusan pemerintahan teritori ini diserahkan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNTEA) dan pemerintah Indonesia (1962–1963), PVK dibubarkan. Sebagian mantan anggotanya bergabung dengan Angkatan Darat Indonesia. Anggota lainnya, seperti Sersan Awom Ferry, membentuk pasukan gerilya bernama Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan memulai perjuangan meraih kemerdekaan dari Indonesia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-05. Diakses tanggal 2019-08-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]