Koreksi pitch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suntingan tala vokal dengan VariAudio di Cubase6

Pembetulan tala atau koreksi tinggi nada (Inggris: pitch correction) adalah proses mengoreksi intonasi sinyal audio tanpa memengaruhi aspek-aspek lain dari suaranya. Pembetulan tala pertama mendeteksi nada sinyal audio (menggunakan algoritme deteksi tala langsung), kemudian menghitung perubahan yang diinginkan dan mengoprek sinyal audio yang sesuai. Penggunaan terluas dalam bidang pembetulan ini ada pada musik pop Barat di garis vokal.

Pembetulan tala mulai relatif jarang sebelum tahun 1997, ketika Antares Audio Technology Auto-Tune pitch Correcting Plug-In diperkenalkan. Ini menggantikan teknik studio yang lambat dengan proses waktu nyata yang juga dapat digunakan dalam penampilan langsung.

Auto-Tune masih banyak digunakan, seperti algoritme pembetulan tala lainnya termasuk Celemony's Direct Note Access yang memungkinkan penyesuaian catatan individu dalam sinyal audio polifonik, dan Celemony's Melodyne. Pitch koreksi saat ini merupakan fitur umum dalam peranti lunak sunting audio digital, setelah pertama kali muncul sebagai Pro Tools plugin dan sekarang sedang ditemukan dalam produk seperti Apple GarageBand, Apple Logic Pro, Adobe Audition, FL Studio & Steinberg Cubase. Hal ini juga tersedia dalam bentuk rackmount hardware, seperti TC-Helicon VoiceOne. Sebuah VST plugin cuma-cuma yang dikenal sebagai GSnap juga dapat digunakan untuk mendapatkan efek yang sama. Dalam komunitas Linux FOSS, Autotalent dan Zita-AT1 menawarkan fungsi ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Auto tune