Kora Kagaz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kora Kagaz
Berkas:Korakagaz.jpg
Poster film
SutradaraAnil Ganguly
ProduserSanat Kothari
Ditulis olehM.G. Hashmat (dialog)
SkenarioSurendra Shailaj
CeritaSaat Paake Bandha
oleh Ashutosh Mukhopadhyay
PemeranVijay Anand
Jaya Bachchan
Penata musikKalyanji-Anandji
SinematograferBipin Gajjar
Perusahaan
produksi
Shreeji Films
DistributorShreeji Films
Eros Entertainment
Tanggal rilis
10 Mei 1974
NegaraIndia
BahasaHindi

Kora Kagaz (Hindi: कोरा कागज़; bahasa Inggris: Blank Paper) adalah sebuah film drama berbahasa Hindi India 1974 yang diproduksi oleh Sanath Kothari dan disutradarai oleh Anil Ganguly. Film tersebut dibintangi oleh Vijay Anand, Jaya Bhaduri, A.K. Hangal, Achala Sachdev dan Deven Verma. Musik film tersebut dibuat oleh Kalyanji Anandji. Lagu "Mera Jeevan Kora Kagaz" dibuat oleh Kishore Kumar.

Pada Penghargaan Film Nasional ke-22, film tersebut memenangkan Penghargaan untuk Hiburan yang Ditampilkan pada Film Populer Terbaik, sedangkan Lata Mangeshkar meraih Penghargaan untuk Penyanyi Playback Perempuan Terbaik.

Film tersebut adalah sebuah daur ulang dari film Bengali 1963 Saat Pake Bandha yang disutradarai oleh Ajoy Kar, dan dibintangi Suchitra Sen.[1] Film tersebut juga terinspirasi dari Saat Paake Bandha karya Ashutosh Mukhopadhyay.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biswas -, Suchismita (2016-07-25). "10 Old And Gold Bengali Movies Which Inspired Bollywood To Remake". Noise Break (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-01. Diakses tanggal 2019-12-21. 
  2. ^ Gulazar; Nihalani, Govind; Chatterjee, Saibal (2003). Encyclopaedia of Hindi Cinema. Popular Prakashan. hlm. 431. ISBN 978-81-7991-066-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]