Kontrol vektor dorong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Vektor dorong, thrust vectoring juga dikenal sebagai kontrol vektor dorong, thrust vector control (TVC), adalah kemampuan pesawat terbang, roket, atau kendaraan lain untuk memanipulasi arah gaya dorong dari mesin atau motornya untuk mengontrol sikap atau kecepatan sudut kendaraan.

Nosel mesin vektor dorong multi-sumbu sedang bergerak
Momen dihasilkan oleh sudut gimbal dorong yang berbeda
Animasi gerak roket saat gaya dorong divektorkan dengan menggerakkan nosel
Exhaust grafit pada nosel mesin roket V-2

Dalam peroketan dan rudal balistik yang terbang di luar atmosfer, permukaan kendali aerodinamis tidak efektif, sehingga vektor dorong adalah cara utama untuk mengendalikan sikap. Baling-baling knalpot dan mesin gimbal digunakan pada tahun 1930-an oleh Robert Goddard.

Untuk pesawat terbang, metode ini awalnya direncanakan untuk memberikan gaya dorong vertikal ke atas sebagai sarana untuk memberikan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL) atau pendek (STOL) pada pesawat. Selanjutnya, disadari bahwa penggunaan gaya dorong vektor dalam situasi pertempuran memungkinkan pesawat melakukan berbagai manuver yang tidak dapat dilakukan oleh pesawat bermesin konvensional. Untuk melakukan belokan, pesawat yang tidak menggunakan vektor dorong harus mengandalkan permukaan kendali aerodinamis saja, seperti aileron atau elevator; pesawat dengan vektoring tetap harus menggunakan permukaan kendali, tetapi pada tingkat yang lebih rendah.[1][2][3][4]

Dalam literatur rudal yang berasal dari sumber-sumber Rusia, vektor dorong sering disebut sebagai kemudi gas-dinamis, gas-dynamic steering atau kontrol gas-dinamis, gas-dynamic control.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "AA-11 ARCHER R-73". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-02. Diakses tanggal 2014-03-27. 
  2. ^ George P. Sutton, Oscar Biblarz, Rocket Propulsion Elements, 7th Edition.
  3. ^ Michael D. Griffin and James R. French, Space Vehicle Design, Second Edition.
  4. ^ "Reusable Solid Rocket Motor—Accomplishments, Lessons, and a Culture of Success" (PDF). ntrs.nasa.gov. 27 September 2011. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 4 March 2016. Diakses tanggal February 26, 2015.