Konferensi Waligereja Selandia Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Waligereja Selandia Baru (NZCBC; bahasa Māori: Te Huinga o ngā Pīhopa Katorika o Aotearoa) adalah sebuah konferensi waligereja dari Gereja Katolik di Selandia Baru yang mengumpulkan para uskup Selandia Baru untuk membahas masalah pastoral dan secara umum semua hal yang berkaitan dengan Gereja. NZCBC dibentuk setelah Konsili Vatikan Kedua pada tahun 1960-an.

Konferensi ini memiliki Sekretariat yang berlokasi di Wellington, dan sejumlah lembaga dan kantor untuk membantu para uskup dalam menjalankan fungsi tingkat nasional.[1] NZCBC membentuk Komite Hubungan Antaragama untuk membantu mereka dalam pekerjaan dialog antar-agama mereka.[2]

Keterlibatan politik baru-baru ini oleh para uskup Selandia Baru telah mencakup pernyataan yang dikeluarkan terkait dengan: hak-hak masyarakat adat dan Perjanjian pemukiman Waitangi; hak pengungsi dan migran; dan mempromosikan keadilan restoratif atas keadilan retributif di Selandia Baru.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History" (dalam bahasa Inggris). Gereja Katolik di Aotearoa Selandia Baru. Diakses tanggal 25 Januari 2019. 
  2. ^ "New Zealand Catholic Bishops Conference - agensi" (dalam bahasa Inggris). Gereja Katolik di Aotearoa Selandia Baru. Diakses tanggal 25 Januari 2019. 
  3. ^ "Catholic Gereja di NZ: Hidup Adil". Konferensi Waligereja Selandia Baru. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 May 2010. Diakses tanggal 25 January 2019.