Konferensi Nasional Kongres Nasional Afrika ke-48

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Nasional Kongres Nasional Afrika ke-48 (ANC) berlangsung dari 2 hingga 7 Juli 1991 di Universitas Durban–Westville di Durban, KwaZulu-Natal (kala itu provinsi Natal). Ini merupakan konferensi nasional pertama ANC sejak organisasi itu dilarang oleh pemerintah apartheid pada tahun 1960 dan menandai naiknya Nelson Mandela menjadi presiden ANC, yang sejak tahun 1967 dipegang oleh Oliver Tambo.

Secara mencolok, konferensi ini memilih serikat pekerja Cyril Ramaphosa sebagai sekretaris jenderal dan memilih beberapa pemimpin Front Demokratis Bersatu ke dalam Komite Eksekutif Nasional ANC. Pergeseran tersebut dianggap sebagai gambaran dari perluasan terus-menerus basis keanggotaan ANC, yang sejak tahun 1990 mulai mendirikan struktur hukum di dalam Afrika Selatan. Hal ini melibatkan integrasi markas besar ANC, yang sebelumnya berbasis di pengasingan, dengan jaringan bawah tanah ANC internal dan tahanan politik yang baru dibebaskan (seperti Mandela), tetapi juga melibatkan penggabungan elemen-elemen lain dari perjuangan internal melawan apartheid. Konferensi tersebut mengadopsi konstitusi baru untuk organisasi, meskipun proposal dari Liga Wanita ANC untuk menyertakan kuota gender, kontroversialnya, ditarik kembali.

Dengan tema "Kekuatan Rakyat untuk Masa Depan Demokratis", konferensi mengambil keputusan terkait kebijakan organisasi dalam negosiasi berkelanjutan untuk mengakhiri apartheid, termasuk keputusan untuk menjaga sayap bersenjata ANC, Umkhonto we Sizwe, dalam keadaan siap tempur. Delegasi ke konferensi juga merumuskan proposal kebijakan awal untuk pemerintahan pasca-apartheid di Afrika Selatan. Sesungguhnya, dalam tiga tahun antara Konferensi Nasional ke-48 dan yang berikutnya pada tahun 1994, ANC memenangkan mayoritas dalam pemilihan demokratis pertama negara tersebut dan membentuk pemerintahan di bawah Mandela sebagai presiden nasional.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]