Konferensi Konstitusi Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konferensi Konstitusi Federasi Rusia

Конституционное совещание Российской Федерации
Konstitutsionnoye soveshchaniye Rossiyskoy Federatsii
Rusia Russia
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Institusi Konsultatif
Sejarah
DibentukJuni 1992 oleh dekrit Presiden Rusia
Dibubarkan12 Desember 1993
Didahului olehMajelis Agung Rusia
Kongres Deputi Rakyat Rusia
Digantikan olehMajelis Federal Rusia
Anggotalebih dari 800
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Konferensi Konstitusi Federasi Rusia (bahasa Rusia: Конституционное совещание Российской Федерации, Konstitutsionnoye soveshchaniye Rossiyskoy Federatsii) adalah sebuah institusi konsultatif yang terdiri dari perwakilan badan-badan pemerintahan, pemerintah daerah dan organisasi publik yang bersidang atas perintah Presiden Rusia Boris Yeltsin pada tahun 1993 untuk menyelesaikan persiapan sebuah draf alternatif Konstitusi Federasi Rusia[1].

Alasan untuk ketidakpuasan persidangan Presiden dalam draf konstitusi yang dibuat oleh Komisi Konstitusi Kongres Deputi Rakyat. Konferensi Konstitusi mulai bersidang di Kremlin, Moskwa pada 5 Juni 1993 atas dasar Dekrit Presiden "Atas Perintah Dewan Konstitusi" pada 2 Juni 1993 nomor 840. Fase pertama dari konferensi ini adalah penandatanganan Dewan Konstitusional berdasarkan pertemuan pada 12 Juli 1993 yang memfinalisasikan dan menyetujui Rancangan Konstitusi.

Draf Konstitusi Kepresidenan dibuat atas bantuan dari Sergey S. Alekseev, Anatoly Sobchak dan Sergei Mikhailovich Shakrai. Mereka bertiga memimpin proses pembuatan draf tersebut, tapi hanya sebuah Konferensi Konstitusional yang dihadiri lebih dari 800 peserta yang memperkerjakan para ahli hukum yang berbeda[2]. Dengan bekerja sama, mereka berhasil membuat sebuah draf tunggal Konstitusi yang kemudian diajukan kepada Presiden Rusia melalui sebuah referendum dan menjadi Konstitusi yang berlaku saat ini sebagai hasil dari referendum yang diadakan pada 12 Desember 1993.

Pada awalnya, pertemuan pada Konferensi Konstitusi terdiri dari perwakilan lima kelompok yaitu :

  1. Otoritas Federal
  2. Badan-badan kekuasaan negara yang menjadi subjek Federasi Rusia.
  3. Pemerintahan otonomi daerah
  4. Serikat perdagangan.
  5. Organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, gerakan massa, denominasi agama, produser dan para pengusaha.

Pada Bulan Oktober-November 1993, Draf Konstitusi Kepresidenan adalah finalisasi dari badan Dewan Konstitusi yang baru dibentuk: Bangsal Publik dan Negara, serta Komisi arbitrase konstitusi Dewan Konstitusi. Hasil pertemuan tersebut adalah pengenalan Konstitusi banyak (beberapa ratus) amandemen terhadap rancangan konstitusi "presiden" asli, yang telah memasukkan ketentuan-ketentuan tertentu dari rancangan Komisi Konstitusi Kongres Deputi Rakyat.

Karena draf Konstitusi sudah siap, draf tersebut kemudian diajukan dalam sebuah referendum oleh Presiden Federasi Rusia pada 12 Desember 1993.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Указ Президента Российской Федерации от 02.06.1993 г. № 840". 
  2. ^ Виктор Шейнис, один из авторов Конституции РФ, главный научный сотрудник Института мировой экономики и международных отношений РАН, в гостях на радиостанции "Эхо Москвы" в передаче "Не так" от 06.12.2008, тема "Конституция Российской Федерации - 15 лет спустя": "Участвовали уважаемые люди под эгидой трех человек. Сергей Сергеевич Алексеев, свердловский юрист, председатель комитета Конституционного надзора союзного парламента, человек в высшей степени достойный. Ну, он, правда, писал, насколько я себе представляю, первый раздел Конституции, «Основы конституционного строя», и вторую главу, «Права и свободы». Кстати, это хорошие главы. С моей точки зрения, их не дай Бог тронуть. Во-вторых, Анатолий Александрович Собчак, и в-третьих, Сергей Михайлович Шахрай. Вот три человека…"