Kondoz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kondoz
کندز
—  Kota  —
Kondoz is located in Afghanistan
Kondoz
Lokasi di Afganista
Koordinat: 36°44′LU 68°52′BT / 36,733°LU 68,867°BT / 36.733; 68.867Koordinat: 36°44′LU 68°52′BT / 36,733°LU 68,867°BT / 36.733; 68.867
Negara  Afghanistan
Provinsi Provinsi Kondoz
Distrik Distrik Kondoz
Ketinggian 397 m (1,302 ft)
Populasi (2002)
 • Total 95.000
Zona waktu Afghanistan Standard Time (UTC+4:30)

Templat:Sejarah Afganistan Kunduz (bahasa Pashtun: کندز; bahasa Persia: قندوز) juga dikenal dengan Kundûz, Qonduz, Qondûz, Konduz, Kondûz, Kondoz, atau Qhunduz adalah sebuah kota di utara Afganistan, kota ini merupakan ibu kota Provinsi Kondoz. Kota ini dihubungkan melalui jalan bebas hambatan menuju Mazari Sharif di bagian barat, Kabul di selatan dan perbatasan Tajikistan di utara. Pada sensus tahun 1979, Kondoz memiliki 53,251 penduduk, yang sekarang diperkirakan telah meningkat menjadi 95,000 (perkiraan resmi tahun 2002).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama kota ini berasal dari bahasa Persia, kuhan/quban diz, "benteng tua/kuno" ("old/ancient fort"). Yang menarik adalah, hingga tahun 1960-an, kota ini berfungsi sebagai ibu kota dari Qataqan, yang berarti "Kota tua/kuno" (dari Bahasa Turki kata ("tua/kuno") dan Bahasa Persia kand/qand/qan ("kota").

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kondoz merupakan situs kota kuno Drapsaka. Tempat ini merupakan pusat pembelajaran Buddhist terbesar dan sangat makmur selama abad ke-3.

Pada awal abad ke-20, dibawah kepmimpinan Sher Khan Nasher, Kondoz menjadi salah satu provinsi terkaya di Afganistan. Hal ini semata-mata karena pendirian Perusahaan Kapas Spinzar (Spinzar Cotton Company) oleh Nasher, yang berlangsung sampai perang Afganistan.

Kondoz merupakan kota utama yang diduduki oleh Taliban sebelum kejatuhannya ke tangan Aliansi Utara Afgan yang didukung oleh Amerika Serikat pada 26 November 2001. Pengambil-alihan Kondoz berlangsung selama dua minggu[1] yang mengakibatkan lebih dari ribuan penduduk, termasuk Al Qaeda, Taliban dan tentara Pakistan, dipindahkan melalui pesawat udara ke Pakistan, yang juga disebut sebagai Pengangkutan Udara Gila (Airlift of Evil).

Kondoz juga merupakan provinsi agrikultural penting yang menghasilkan, gandung, beras, dan produk lain dan diberi julukan sebagai "Lumbung Negara" (Hive of the Country)

Kondoz merupakan pusat provinsi timur laut, dan merupakan daerah kekuasaan Taliban pada saat pemerintahannya. Secara penempatan, kota ini sangat penting karena merupakan jalan satu-satu-nya yang menghubungkan Provinsi Takhar dan Badakhshan, yang memegang peranan penting atas pemerintahan yang ada.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kondoz memiliki sembilan perwakitan tingkat rendah dan dua di tingkat tinggi, dan memiliki konsil pronvisi. Mohammad Omer (bukan Mullah Omar) juga dikenal sebagai Zeeb Noor, adalah gubernur Kondoz.

Tokoh terkenal dari Kondoz adalah Haji Nazukmir Khan, pemimpin Kepala Suku Zakhel. Haji Nazukmir merupakan tokoh terkaya di provinsi Kondoz. Ia memiliki ribuan hektare tanah pertanian, gedung apartemen, pasar komersial, gedung komersial, sebuah agen mobil Rusia dan banyak hotel. Ia dan keluarganya juga dikenal memiliki hubungan dekat dengan keluarga kerajaan, khususnya Zahir Shah.

Keluarga Haji Nazukmir berasal dari suku Mohmand Pashtun. Muhammad Omer bukan merupakan tokoh Taliban Mullah Omar, tetapi merupakan gubernur terkemuka di Kondoz yang terkenal atas reputasinya untuk keberanian dan kesetaraan. Omer juga berasal dari suku Mohmand dan masih berhubungan dengan Haji Nazukmir Khan.

Tokoh terkemuka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Priest, Dana (2003) The mission: waging war and keeping peace with America's military W.W. Norton & Co., New York , page 167, ISBN 0-393-01024-4
  • Dupree, Nancy Hatch (1977): An Historical Guide to Afghanistan. 1st Edition: 1970. 2nd Edition. Revised and Enlarged. Afghan Tourist Organization.
  • Thomas J. Barfield, The Central Asian Arabs of Afghanistan: Pastoral Nomadism in Transition. 1982.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]