Kon-Katedral Prešov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Prešov
Kon-Katedral Santo Nikolas
bahasa Slowakia: Konkatedrála svätého Mikuláša
Kon-Katedral Prešov
Kon-Katedral Prešov di Slovakia
Kon-Katedral Prešov
Kon-Katedral Prešov
Lokasi di Slovakia
48°59′53″N 21°14′24″E / 48.9981°N 21.2399°E / 48.9981; 21.2399Koordinat: 48°59′53″N 21°14′24″E / 48.9981°N 21.2399°E / 48.9981; 21.2399
LokasiPrešov
NegaraSlowakia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webWebsite of the Cathedral
Sejarah
DidirikanAbad ke-14
DedikasiSanto Nikolas
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja
GayaBarok dan Gotik
Selesai1515
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Košice
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Bernard Bober

Kon-Katedral Prešov atau yang bernama resmi Kon-Katedral Santo Nikolas (bahasa Slowakia: Konkatedrála svätého Mikuláša) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di Prešov, Slowakia. Dimensi luar katedral adalah panjang 54,7m, lebar 34,45m. Panti umat dalam ruangan setinggi 16 m dan menara mencapai ketinggian 71 meter. Desain kuil ini mengambil inspirasi dari aula gereja Gotik Akhir dengan tiga bagian tengah.

Kon-Katedral Prešov

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini merupakan gereja Aula dengan ujung poligonal dari presbiteri, yang berkubah dalam gaya Gotik dengan jaring dan kubah bintang. Ada paduan suara memanjang dengan kubah bintang yang terhubung ke pastoran utama dengan lengkungan runcing di sisi utara pastoran. Lengkungan di bagian atas didesain sebagai tribun. Perpanjangan paduan suara di sisi selatan memiliki ujung poligonal dan kubah bintang. Arcade runcing memisahkan bagian tengah individu. Arcade ditopang oleh pilar poligonal besar. Kubah pada bagian tengah utama berbeda dengan bagian tengah samping. Bagian tengahnya memiliki kubah bintang Gotik Akhir dan bagian tengahnya memiliki kubah bintang dan jaring. Bagian dari poros tikungan dan braket di sisi utara telah dilestarikan dari gereja Gotik asli. Bagian selatan bagian tengah berkubah dengan kubah silang dengan tanda kurung figural di ujungnya. Katedral ini memiliki jendela Gotik asli dengan dekorasinya yang bertingkat di sekeliling sirkuitnya. Pilar-pilar penyangga aslinya juga masih dipertahankan. Dominasi bangunannya adalah menara yang memiliki arkade Pseudo-Gotik dan atap piramida tinggi yang dibangun pada tahun 1903. Pintu masuk menara menggunakan portal Gotik. Di sana dibangun menara-menara kecil sebagai hiasan di sudut-sudut menara utama.

Ada portal Gotik Akhir di sisi selatan. Lapisannya memiliki profil yang kaya dan bersilangan di puncaknya. Area portal dihiasi dengan dekorasinya yang flamboyan. Itu mengarah ke aula berkubah bintang selatan, yang dibangun pada tahun 1509. Portal gereja lainnya ada di sisi utara. Bentuknya lebih kecil dan tetap mempertahankan pintu ukiran Gotik aslinya dari abad ke-15. Ini mengarah ke finishing tangga spiral di ruang pidato di lantai dua. Portal utama Gotik yang asli dibangun kembali dan dikurangi pada akhir abad ke-18. Hiasan ornamen "koin" ditempatkan pada lapisan portal yang diperkecil.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

HARMINC, I. a kolektív. Súpis pamiatok na Slovensku.: Slovenský ústav pamiatkovej starostlivosti an ochrany prírody, 1968.