Komputer pribadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Komputer pribadi (PC))
Menara sebuah PC. (Atas-Bawah): Pemutar/perekam DVD (ditandai dengan huruf D), Pemutar/perekam CD (ditandai dengan huruf E) dan drive floppy-disk 3.5 inci (di bagian tengah menara). Hard drive berkapasitas HGB 160 gigabyte ada di dalam menara.
PC dan perlengkapannya. (Kiri-Kanan): printer ink jet, monitor CRT, modem kabel jalur lebar (broadband) untuk internet, scanner flat bed. Kotak CPU ada di sebelah kanan bawah. Menggunakan mouse dan keyboard tanpa kabel.

Istilah komputer pribadi (Inggris: Personal Computer atau disingkat PC) mempunyai beberapa arti:

  • Istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah.
  • Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer sesuai dengan spesifikasi IBM.
  • Komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer) - lihat IBM PC.

Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah kecil kepada orang yang mampu membeli (membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, yaitu: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984). Dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah."

Generasi pertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun begitu, ia tidak berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis (Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board system. Seperti pada komputer modern pada era cip silikon PC menggunakan mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat. Mikroprosesor yang pertama dipakai pada PC IBM adalah Intel 4004 yang dikeluarkan pada 15 November 1971.

Mikrokomputer menjadi alat perniagaan ketika program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untuk mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM yang menjadi program aplikasi terpopuler. Pada sekitar tahun 1980-an, harga komputer pribadi yang rendah menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaan di rumah serta bisnis. Pada tahun 1982, majalah Time memberikan "Komputer Pribadi" gelar "Man of the Year".[1]

Jenis perangkat pada komputer[sunting | sunting sumber]

  • Perangkat keras (Inggris: Hardware)
  • Perangkat lunak (Inggris: Software)

Komponen perangkat keras[sunting | sunting sumber]

Umumnya terdiri atas:

  1. Papan sirkuit utama (Motherboard)
  2. Kartu grafis
  3. Kartu LAN
  4. RAM
  5. Cakram keras (Harddisk)
  6. Disket
  7. CD-ROM Drive .dll
  • Perangkat Masukan (Input)

Mis. Tetikus, Kibor, Mikrofon, Pemindai

  • Perangkat Pengeluaran (Output)

Mis. Pencetak, Pengeras suara, Monitor

Arsitektur dan kartu tambahan[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan PC menggunakan arsitektur peranti keras (hardware) yang kompatibel dengan PC IBM, contohnya prosesor yang kompatibel dengan x86 buatan Intel seperti produk dari AMD dan Cyrix. Kemampuan peranti keras PC biasanya dapat dikembangkan dengan penambahan kartu tambahan (expansion card).

Komputer pribadi terdiri dari beberapa jenis:

Tipe PC dan PW (personal workstation) lainnya:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IBM100 - The PC". www-03.ibm.com (dalam bahasa Inggris). 2012-03-07. Diakses tanggal 2023-06-06.