Komputer bingkai utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komputer bingkai utama Honeywell-Bull DPS 7 pada tahun 1990an.

Komputer bingkai utama (Inggris: mainframe computer) adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Komputer bingkai utama pada umumnya digunakan dalam perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti sensus, penelitian, keperluan militer atau transaksi keuangan. Komputer kerangka utama dapat melayani ratusan pengguna pada waktu bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakan komputer bingkai utama.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Komputer bingkai utama memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa gangguan sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan komputer bingkai utama. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Pada tahun 1960-an, Komputer bingkai utama tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetik instruksi satu per satu. Di awal 1970, komputer bingkai utama mulai memiliki antarmuka yang interaktif dan memudahkan pengguna. Pada masa ini pula pengguna komputer bingkai utama tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna dapat melakukan akses ke komputer bingkai utama melalui terminal khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses bingkai utama melalui komputer pribadi dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

Contoh Komputer Bingkai Utama[sunting | sunting sumber]

Berikut ini contoh beberapa komputer bingkai utama yang beredar: