Kolonisasi Antarktika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Klaim terhadap wilayah Antarktika:
  Chile

Kolonisasi Antarktika merupakan upaya agar manusia dapat hidup secara permanen di benua Antarktika. Saat ini benua ini hanya disinggahi oleh para ilmuwan dan tim pendukungnya. Antarktika merupakan satu-satunya benua di Bumi yang tidak memiliki penduduk asli.

Saat ini, ilmuwan dan staf dari 30 negara tinggal di sekitar 70 pangkalan (40 beroperasi sepanjang tahun dan 30 hanya pada musim panas) dengan populasi sekitar 4.000 jiwa pada musim panas dan 1.000 pada musim dingin. Diperkirakan telah terjadi sebelas kelahiran di Antarktika: delapan di Pangkalan Esperanza milik Argentina (termasuk yang pertama) dan tiga di pangkalan milik Chile.

Sistem Perjanjian Antarktika saat ini membatasi aktivitas manusia di Antarktika. Perjanjian ini harus diubah atau dicabut sebelum kolonisasi berskala besar dapat dilakukan.[1]

Kota-kota berkubah[sunting | sunting sumber]

Buckminster Fuller telah menggagas usulan pembangunan kota-kota berkubah yang dapat mengendalikan iklim di dalamnya.[2] Stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott (beroperasi 1975-2003) menyerupai gagasan ini, tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan hanya untuk beberapa bangunan yang dipakai untuk kegiatan ilmiah.

Pada tahun 1971, tim yang dipimpin oleh arsitek Jerman Frei Otto membuat studi kelayakan mengenai pembangunan kota berkubah dengan panjang dua kilometer yang dapat menampung 40.000 warga.[3]

Kondisi masa depan[sunting | sunting sumber]

Walaupun lingkungan di Antarktika saat ini terlalu sulit untuk dijamah oleh manusia, kondisi Antarktika mungkin akan berubah suatu hari. Akibat pemanasan global, terdapat kemungkinan bahwa pada permulaan abad ke-22 beberapa wilayah di Antarktika Barat akan memiliki kondisi iklim yang mirip dengan Alaska dan Skandinavia Utara.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joyner, Christopher C. (1992). Antarctica and the Law of the Sea, hlm. 49. Martinus Nijhoff Publishers. ISBN 0-7923-1823-4.
  2. ^ Marks, Robert W. (Aug. 23, 1959). "The Breakthrough of Buckminster Fuller". The New York Times, hlm. SM14, SM15, SM42, SM44.
  3. ^ Walker, Derek (1998). Happold: The Confidence to Build, hlm. 63. Taylor & Francis. ISBN 0-419-24070-5.
  4. ^ How to survive the coming century, NewScientist [1].