Kodeks Purpureus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Halaman dari Rossano Gospels
A page of the 6th century Codex Argenteus, in silver and gold ink on purple

Codex Purpureus (bahasa Inggris: Purple parchment atau Purple vellum) adalah naskah-naskah yang ditulis di atas lembaran perkamen (sebenarnya selalu digunakan lembaran vellum, yaitu kualitas lebih tinggi) yang diwarnai ungu. Suatu ketika penggunaannya hanya dibatasi untuk Kaisar-kaisar Romawi dan Bizantin, meskipun dalam suratnya tahun 384 Hieronimus (Jerome) "mengecam dengan pedas wanita-wanita Kristen kaya yang buku-bukunya ditulis dengan tinta emas pada lembaran vellum ungu, dan berhiaskan batu-batu permata...".[1] Huruf-hurufnya dapat ditulis dalam tinta emas atau perak. Kemudian, praktik ini muncul kembali terutama untuk pembuatan sejumlah "naskah berhiaskan lukisan" (illuminated manuscript) yang agung untuk Kaisar-kaisar dalam seni Karolingian dan Utsmaniyah (Ottoman), atau di Inggris pada zaman Anglo-Saxon, maupun di tempat-tempat lain. Beberapa hanya menggunakan perkamen ungu untuk bagian-bagian tertentu pada suatu karya; Stockholm Codex Aureus yang dibuat pada abad ke-8 dengan budaya Anglo-Saxon menggunakan bergantian halaman-halaman yang diwarnai ungu dengan yang tidak diwarnai.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Naskah-naskah Uncial Ungu (Purple Uncials) atau Kodeks-kodeks Ungu (Purple Codices) merupakan kelompok naskah yang terkenal, semuanya merupakan naskah Alkitab Kristen bagian Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani:

Ada dua naskah Perjanjian Baru bahasa Yunani berwarna ungu, digolongkan sebagai naskah minuscule:

Ada pula lectionary dari abad ke-9:

Enam perkamen ungu lainnya (a, b, e, f, i, j), juga naskah-naskah Perjanjian Baru dalam bahasa Latin dan disimpan di: Brescia, Naples, Sarezzano dan Trent. Tiga di antaranya memuat teks Vetus Latina.

Ada pula satu kodeks ungu dalam bahasa Gothik — Codex Argenteus (illuminated - "berlukisan")

Ditemukan naskah ungu yang memuat bagian dari Septuaginta:

Naskah-naskah berlukisan lain termasuk:

Contoh-contoh dari budaya Anglo-Saxon termasuk kitab-kitab Injil abad ke-7 yang dipesan oleh Saint Wilfrid, tetapi sekarang hilang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Needham, 21

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Needham, Paul (1979). Twelve Centuries of Bookbindings 400–1600. Pierpoint Morgan Library/Oxford University Press. ISBN 978-0-192-11580-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]