Klazomenai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tempat pembuatan minyak zaitun di Klazomenai

Klazomenai (bahasa Yunani: Κλαζομεναί, Kilizman modern di Urla dekat İzmir di Turki) adalah kota Yunani kuno di Ionia dan merupakan anggota Dodekapolis Ionia (Konfederasi Dua Belas Kota Ionia), dan merupakan salah satu kota pertama di sana yang mengeluarkan uang perak. Kota ini terkenal karena merupakan tempat asal filsuf Anaxagoras.

Klazomenai ini didirikan oleh para pemukim Yunani yang datang dari Phlips dan Kleonai. Kota ini diserang oleh raja Lydia, Alyattes II, pada abad ke-6 SM.[1] Pada abd ke-5 SM, kota ini dikuasai oleh Athena namun pada pertengahan Perang Peloponnesos (412 SM) penduduknya memberontak. Setelah melakukan perlawanan singkat, Klazomenai kembali dikuasai oleh Athena. Pada tahun 387 SM Klazomenai direbut oleh Persia, namun kota ini tetap mengeluarkan koinnya sendiri. Di bawah kekuasaan Romawi kota ini dimasukkan dalam provinsi Asia dan dibebaskan dari pungutan pajak.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vanessa B. Gorman (2001). 'Miletos, the ornament of Ionia: history of the city to 400 BCE', p. 122 ISBN 0-472-11199-X, ISBN 978-0-472-11199-2. University of Michigan Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]