Kitab Ritus Zhou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kitab Ritus Zhou
Hanzi tradisional: 周禮
Hanzi sederhana: 周礼
Model kereta perunggu berdasarkan teks yang ada dalam Kitab Ritus Zhou, "Membuat para penjahat yang kaki kirinya dipotong sebagai penjaga kebun" (刖人使守囿; Yuè rén shǐ shǒu yòu)

Kitab Ritus Zhou dalam bahasa Mandarin dinamakan Zhouli (Hanzi sederhana: 周礼; Hanzi tradisional: 周禮; Pinyin: Zhōu lǐ), adalah kitab tentang teori birokrasi dan organisasi. Awalnya kitab ini bernama "Petugas Zhou" (周官; Zhouguan), akan tetapi Liu Xin mengganti judulnya untuk membedakan dengan nama yang sama yang terdapat pada salah satu bab Kitab Shu Jing. Kitab Ritus Zhou bersama dengan Kitab Ritus (Lǐjì) serta Kitab Etiket dan Ritus (Yílǐ), menjadi tiga serangkai kitab ritual kuno yang disebut "Sānlǐ" atau "Tiga Ritus" dan termasuk di antara kitab-kitab klasik Konfusianisme.

Dibandingkan dengan karya-karya lainnya yang sejenis, pemimpin ritus meskipun seorang yang bijaksana, tidak menciptakan negara melainkan hanya sebagai pengatur birokrasi. Kitab ini bukan disusun pada zaman Zhou Barat, namun berdasarkan pada tatanan masyarakat selama Periode Negara Berperang. Michael Puett dan Mark Edward Lewis membandingkan sistem tugas dan kepangkatan yang ada dalam kitab ini dengan Legalisme ala Shang Yang.[1]

Daftar isi[sunting | sunting sumber]

Kitab ini terdiri dari enam bab:[2][3]

  1. Kantor Surgawi (天官冢宰, Pejabat Surgawi) tentang pemerintahan umum.
  2. Kantor Bumi (地官司徒, perkara lokal) tentang perpajakan dan pembagian tanah.
  3. Kantor Musim Semi (春官宗伯, nama jabatan kuno) tentang pendidikan serta lembaga sosial dan keagamaan.
  4. Kantor Musim Panas (夏官司馬) tentang militer.
  5. Kantor Musim Gugur (秋官司寇) tentang keadilan.
  6. Kantor Musim Dingin (冬官考工記) tentang populasi, wilayah dan pertanian.

# Catatan:

  • Penamaan "Kantor" adalah terjemahan istilah dalam bahasa Inggris untuk mempermudah. Judul aslinya dalam aksara Han seperti: 春官宗伯 (Chunguan Zongbo) atau 夏官司馬 (Perwira Sima) adalah pangkat atau nama jabatan pada Periode Negara Berperang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Benjamin Elman, Martin Kern 2010 p.17,41. Statecraft and Classical Learning: The Rituals of Zhou in East Asian History. https://books.google.com/books?id=SjSwCQAAQBAJ&pg=PA17
  2. ^ "Zhouli (Chinese ritual text)". Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 25 July 2011. 
  3. ^ "Cultural Invigoration - Books". Taipei: National Palace Museum (國立故宮博物院). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-03. Diakses tanggal 25 July 2011.