Kipang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kue Kipang

Kue kipang adalah salah satu kuliner dari Sumatera Barat. Kue kipang ini ada di setiap tempat di Sumatera Barat. Camilan ini banyak ditemukan di Kota Bukittinggi. masyarakat setempat menjadikan kue kipang ini sebagai makanan setiap hari. camilan ini dapat digunakan sebagai oleh oleh paling efektif, efisien dan yang paling mudah di ttemukan seperti di warung, toko makanan oleh oleh dan di bandara.

Kue kipang ini merupakan olahan kacang tanah. Kacang tanah di olah, selanjutnya di rendam dengan Gula aren. melalui serangkaian proses, kemudian menjadi makanan yang disebut Kipang kacang. bahan dasarnya adalah kacang tanah, tetapi di bumbui oleh gula aren yang lebih dominan. Gula aren ini berperan sebagai sumber rasa manis pada makanan kipang kacang. Selain menjadi sumber rasa manis gula aren juga di gunakan untuk melengketkan kacang tanah agar bisa membentuk segi empat. Mulanya, kue kipang dapat di buat selain segi empat, namun sesudah melalui serangkaian proses kue kipang di potong membentuk segi empat yang agak kecil yang bertujuan agar mudah di bungkus.

makanan ini dahulunya hanya di bungkus oleh daun pisang atau kertas koran. Tapi, kini zaman telah berubah. kue kicang sekarang di bungkus menggunakan plastik. dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Rujuakan[sunting | sunting sumber]

Dani, Surya. "Analisis Usaha Kipang H. Anas di Kota Padang".