Kim Nam-gil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kim Nam Gil
Lahir13 Maret 1980 (umur 44)
Seoul, Korea Selatan
PekerjaanAktor
Tahun aktif1999–sekarang
OrganisasiGilstory Ent
Tinggi184 cm (6 ft 0 in)
Nama Korea
Hangul
김남길
Hanja
Alih AksaraGim Nam-gil
McCune–ReischauerKim Nam-kil
Situs webgilstoryent.com

Kim Nam-gil (Hangul김남길, lahir 13 Maret 1980) adalah salah satu aktor, produser, direktur, penyanyi, serta aktivis sosial asal Korea Selatan. Dia dikenal dari peran utama dalam blockbuster bencana Pandora (2016); film thriller kriminal Memoir of a Murderer (2017); film petualangan The Pirates (2014); film Emergency Declaration (2022), dan drama televisi komedi kriminal The Fiery Priest (2019). Peran terobosannya adalah sebagai Bidam dalam drama periode televisi terkenal Queen Seondeok (2009).

Ia memiliki jiwa sosial yang tinggi, pada tahun 2010 mengikuti kunjungan kebeberapa negara Asia untuk terjun langsung dalam memberikan bantuan dampak bencana tsunami dan gempa bumi. Hal ini mematangkannya mendirikan organisasi non-profit sekaligus menjadi CEO Gilstory NGO sejak tahun 2013, bertujuan membantu pengembangan budaya dan dengan dukungan Kementrian Korea Selatan berkonstribusi pada misi kemanusiaan yang menghimpun 100 anggota tim dalam membantu masyarakat kurang mampu.

Pada tahun 2021 ia mendirikan agensi hiburan dengan dukungan dari direktur rumah produksi Sanai Pictures yang membuat Kim Nam Gil menjabat sebagai CEO untuk mengembangkan bakat para seniman khususnya aktor yang bernama Gilstory Ent

Ia mendapat beberapa penghargaan atas aktingnya yang sempurna sebagai Bidam di dalam Serial TV Queen Seon Deok, MBC pada tahun 2009. Ia menjalankan tugas militernya pada tahun 2010 setelah menyelesaikan Serial TV Bad Boy, SBS. Ia masuk ke kemah tentara di Nonsan pada 15 Juli selama 4 minggu untuk latihan dasar militer dan akan bekerja sebagai pekerja pelayanan umum di kantor Gangnam-gu sesuai dengan sistem pelayanan selektif.[1] Ia mendukung pergerakan GFSC (Good Friend Save the Child) dengan KOICA (Korean International Cooperation Agency) dengan menghadiri undangan sebagai tamu spesial pada Korea-Japan Festa of Friendship yang ketiga dan menerima sebuah penghargaan prestasi dari pemerintahan lokal Mongolia.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Nam-Gil memulai kariernya dengan sebuah peran kecil di televisi pada tahun 1998 di dalam drama "School 1" (sebagai Min-soo), produksi SBS. Lima tahun kemudian, Nam-Gil memenangkan audisi ke-31 untuk televisi MBC. Ia kemudian muncul di berbagai peran kecil untuk MBC. Pada saat itu, tahun 2005, Kim Nam-Gil mengganti namanya menjadi nama yang kedengarannya lebih eksotis "Lee Han." Pada tahun 2006, Kim Nam-Gil memutuskan untuk menerima peran utamanya di dalam sebuah film yang kontroversial namun dipuji kritis, No Regret. Kim Nam-Gil memerankan karakter homoseks Song Jae-min di dalam No Regret. Meskipun film No Regret menerima pujian tinggi dari kritik film dan festival, film tersebut gagal mendongkrak kepopuleran Kim Nam-Gil. Sebaliknya, Kim Nam-Gil mendapat lebih banyak peran sebagai aktor pendukung di dalam drama telivisi dan film-film komersial.

Sebelum perilisan film Public Enemy Returns pada tahun 2008, Kim Nam-Gil berhenti menggunakan nama "Lee Han" dan beralih ke nama kelahirannya. Nam-Gil membuat keputusan ini setelah mendapat anjuran dari Kang Woo-Suk (direktur Public Enemy Returns). Kemudian pada tahun 2008, Nam-Gil menerima peran utama di dalam film komersial - Portrait of a Beauty. Film ini juga merupakan film perdana Nam-Gil yang bertema sejarah. Pengalamannya dari Portrait of a Beauty kemudian membuatnya beruntung mendapatkan peran di dalam drama sejarah produksi MBC, Queen Seon Deok. Meskipun Kim Gyu-Ri mendapatkan perhatian besar untuk Portrait of a Beauty, akting Nam-Gil yang kuat tidak diabaikan.

Pada tahun 2009, Kim Nam-Gil berperan di dalam drama produksi MBC Queen Seon Deok sebagai Bi-dam. Perusahaan produksi merasakan bahwa karakter Bi-dam adalah senjata rahasia kesuksesan di dalam serial televisi tersebut. Perusahaan produksi kemudian mempromosikan karakternya ke berbagai media di Korea. Pada saat itu, Nam-Gil mempelajari karakternya dari karakter-karakter buku komik seperti Han Bi Kwang dari Yeol Hyeol Kang Ho, Musashi Miyamoto dari "Vegabond" dan Kang Baek Ho dari "Slam Dunk." Pendalaman karakternya menghasilkan kesuksesan karena serial Queen Seon Deok menjadi salah satu drama yang paling banyak ditonton pada tahun 2009, yang kerap mendapatkan rating lebih dari 40%. Dengan kesuksesan Queen Seon Deok popularitas Kim Nam-Gil juga turut meroket. Ia kerap terpilih sebagai pria terseksi oleh para wanita Korea dan menerima banyak tawaran-tawaran komersial dan kebanjiran skenario untuk berbagai film dan serial televisi.

Pada 2021 Kim Nam Gil masuk dalam 200 aktor paling berpengaruh dengan memiliki julukan "Sexy tapi Murni, Serius tapi Lucu. Memiliki image yang sangat berlapis di mana semua dapat menyatu dalam dirinya"[3]

Dia memiliki spektrum akting yang luas yang melintasi berbagai genre, seperti drama sejarah, melodrama, komedi, thriller, dan fantasi, dan sering dipuji karena tampil sebagai karakter yang berbeda bahkan untuk peran dalam genre dan pekerjaan yang sama. Dia adalah seorang aktor yang menunjukkan rasa tantangan dengan kemampuan untuk menyerap karakter yang dicirikan dalam pekerjaan apapun . Bahkan sekarang, Kim Nam-gil menantang dirinya dengan karakter dari berbagai kepribadian, menunjukkan potensi seorang aktor terlepas dari genre atau karakter , dan dia sendiri mengungkapkan bahwa dia ingin menjadi seorang aktor yang mewakili waktu dan emosi.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Serial TV[sunting | sunting sumber]

Prestasi lain[sunting | sunting sumber]

  • Bakmugeon Family Drama (2003)
  • Theater: A Midsummer Night's Dream (2000)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 2023 Brand Customer Loyalty Awards - Best Actor (OTT)
  • 2022 SBS Drama Awards - Grand Prize (Daesang)
  • 2021 Brussels International Fantastic Film Festival - Silver Raven Award
  • 2019 SBS Drama Awards - Grand Prize (Daesang)
  • 2019 Seoul International Drama Awards - Outstanding Korean Actor
  • 2019 Korean Broadcasters Association Awards - Best Actor
  • 2019 Grimae Awards - Best Actor
  • 2019 Busan International Film Festival - Best Actor
  • 2010 46th BaekSang Arts Awards - Best New Actor in the field of TV.
  • 2009 17th Korean Culture, Entertainment Award in the field of movie - Best New Actor.
  • 2009 Style icon Award - TV Award.
  • 2009 MBC Drama Awards - Male Excellence Award
  • 2009 MBC Drama Awards - Best Couple Award (with Lee Yo Won in Queen Seon Deok)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Art News". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-14. Diakses tanggal 2012-07-18. 
  2. ^ "MK News". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-08. Diakses tanggal 2012-07-18. 
  3. ^ "Kim Namgil | The Actor is Present" (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2023-05-13. 
  4. ^ Emergency Declaration (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-05-20 
  5. ^ "'Nevertheless' star Lee Ho Jung joins Kim Nam Gil in the upcoming drama 'Bandit: The Sound of Knife'". PINKVILLA (dalam bahasa Inggris). 2021-12-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-20. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  6. ^ ""Island" (2022 Drama): Cast & Summary". Kpopmap - Kpop, Kdrama and Trend Stories Coverage (dalam bahasa Inggris). 2021-09-28. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  7. ^ Sachi, Kalamula (2022-01-31). "Drama Korea Through the Darkness: Kisah Nyata Profiler Pertama Korea". id.theasianparent.com. Diakses tanggal 2022-05-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]