Kim Nam-gil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kim Nam Gil
Lahir 13 Maret 1981 (umur 33)
Seoul, Korea Selatan
Pekerjaan Aktor
Tahun aktif 2003–sekarang
Situs web
www.kimnamgil.asia

Kim Nam-gil (Hangul: 김남길, lahir di Seoul, 13 Maret 1981; umur 33 tahun) adalah salah satu aktor asal Korea Selatan. Ia biasanya menggunakan nama Lee Han dan kemudian memutuskan untuk menggunakan nama sebenarnya sejak film Public Enemy Returns pada tahun 2008.

Ia mendapat beberapa penghargaan atas aktingnya yang sempurna sebagai Bidam di dalam Serial TV Queen Seon Deok, MBC pada tahun 2009. Ia menjalankan tugas militernya pada tahun 2010 setelah menyelesaikan Serial TV Bad Boy, SBS. Ia masuk ke kemah tentara di Nonsan pada 15 Juli selama 4 minggu untuk latihan dasar militer dan akan bekerja sebagai pekerja pelayanan umum di kantor Gangnam-gu sesuai dengan sistem pelayanan selektif.[1] Ia mendukung pergerakan GFSC (Good Friend Save the Child) dengan KOICA (Korean International Cooperation Agency) dengan menghadiri undangan sebagai tamu spesial pada Korea-Japan Festa of Friendship yang ketiga dan menerima sebuah penghargaan prestasi dari pemerintahan lokal Mongolia.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Nam-Gil memulai kariernya dengan sebuah peran kecil di televisi pada tahun 1998 di dalam drama "School 1" (sebagai Min-soo), produksi SBS. Lima tahun kemudian, Nam-Gil memenangkan audisi ke-31 untuk televisi MBC. Ia kemudian muncul di berbagai peran kecil untuk MBC. Pada saat itu, tahun 2005, Kim Nam-Gil mengganti namanya menjadi nama yang kedengarannya lebih eksotis "Lee Han." Pada tahun 2006, Kim Nam-Gil memutuskan untuk menerima peran utamanya di dalam sebuah film yang kontroversial namun dipuji kritis, No Regret. Kim Nam-Gil memerankan karakter homoseks Song Jae-min di dalam No Regret. Meskipun film No Regret menerima pujian tinggi dari kritik film dan festival, film tersebut gagal mendongkrak kepopuleran Kim Nam-Gil. Sebaliknya, Kim Nam-Gil mendapat lebih banyak peran sebagai aktor pendukung di dalam drama telivisi dan film-film komersial.

Sebelum perilisan film Public Enemy Returns pada tahun 2008, Kim Nam-Gil berhenti menggunakan nama "Lee Han" dan beralih ke nama kelahirannya. Nam-Gil membuat keputusan ini setelah mendapat anjuran dari Kang Woo-Suk (direktur Public Enemy Returns). Kemudian pada tahun 2008, Nam-Gil menerima peran utama di dalam film komersial - Portrait of a Beauty. Film ini juga merupakan film perdana Nam-Gil yang bertema sejarah. Pengalamannya dari Portrait of a Beauty kemudian membuatnya beruntung mendapatkan peran di dalam drama sejarah produksi MBC, Queen Seon Deok. Meskipun Kim Gyu-Ri mendapatkan perhatian besar untuk Portrait of a Beauty, akting Nam-Gil yang kuat tidak diabaikan.

Pada tahun 2009, Kim Nam-Gil berperan di dalam drama produksi MBC Queen Seon Deok sebagai Bi-dam. Perusahaan produksi merasakan bahwa karakter Bi-dam adalah senjata rahasia kesuksesan di dalam serial televisi tersebut. Perusahaan produksi kemudian mempromosikan karakternya ke berbagai media di Korea. Pada saat itu, Nam-Gil mempelajari karakternya dari karakter-karakter buku komik seperti Han Bi Kwang dari Yeol Hyeol Kang Ho, Musashi Miyamoto dari "Vegabond" dan Kang Baek Ho dari "Slam Dunk." Pendalaman karakternya menghasilkan kesuksesan karena serial Queen Seon Deok menjadi salah satu drama yang paling banyak ditonton pada tahun 2009, yang kerap mendapatkan rating lebih dari 40%. Dengan kesuksesan Queen Seon Deok popularitas Kim Nam-Gil juga turut meroket. Ia kerap terpilih sebagai pria terseksi oleh para wanita Korea dan menerima banyak tawaran-tawaran komersial dan kebanjiran skenario untuk berbagai film dan serial televisi.

Menurut laporan media Korea Selatan, Kim Nam Gil yang sekarang sedang menjalankan wajib militernya, akan memulai pendidikannya di Universitas Korea Selatan Kampus Internet Tingkok di Departemen Pendidikan Luar Negeri pada bulan Maret. Ia akan menggunakan waktu luangnya ketika bekerja di pelayanan umum untuk belajar bahasa Mandarin. Kim Nam Gil secara resmi memulai tugas militernya pada bulan Juli tahun lalu setelah menyelesaikan " Queen Seon Deok" dan setelah popularitasnya melonjak di dalam drama "Bad Guy".

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Serial TV[sunting | sunting sumber]

Prestasi lain[sunting | sunting sumber]

  • Bakmugeon Family Drama (2003)
  • Theater: A Midsummer Night's Dream (2000)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 2010 46th PaekSang Arts Awards - Best New Actor in the field of TV.
  • 2009 17th Korean Culture, Entertainment Award in the field of movie - Best New Actor.
  • 2009 Style icon Award - TV Award.
  • 2009 MBC Drama Awards - Male Excellence Award
  • 2009 MBC Drama Awards - Best Couple Award (with Lee Yo Won in Queen Seon Deok)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]