Kim Jong-il

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kim Jong-il
김정일
Ketua Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara
sejak September 1998
Masa jabatan
9 April 1993 – Desember 2011
Presiden Kim Yong-nam
Perdana Menteri Hong Song-nam
Pak Pong-ju
Kim Yong-il
Didahului oleh Kim Il-sung
Digantikan oleh Kim Jong-un
Komandan Utama Tentara Rakyat Korea
Masa jabatan
Juli 1994 – Desember 2011
Didahului oleh Kim Il-sung
Digantikan oleh Kim Jong-un
Sekretaris Jenderal Partai Buruh
Masa jabatan
8 Oktober 1997 – Desember 2011
Didahului oleh Kim Il-sung
Digantikan oleh Kim Jong-un
Informasi pribadi
Lahir 16 Februari 1941 (umur 73)
Vyatskoye, Uni Soviet (catatan Uni Soviet)
16 Februari 1942 (umur 72)
Mt. Baekdu, Jepang-Korea (catatan Korea Utara)
Meninggal 17 Desember 2011 (umur 70)
Kebangsaan Korea Utara
Partai politik Partai Buruh Korea
Agama Ateis
Kim Jong-il
Chosŏn'gŭl 김정일
Hancha 金正日
McCune–Reischauer Kim Chŏngil
Alih aksara Gim Jeong(-)il

Kim Jong-il (menurut versi resmi biografinya lahir 16 Februari 1942 – meninggal 17 Desember 2011 pada umur 69 tahun) telah menjabat sebagai pemimpin Korea Utara (Korut) sejak 1994. Ia menggantikan ayahnya, Kim Il-sung, yang telah memimpin Korut sejak 1948. Kim Jong-il diangkat menggunakan sistem di mana dialah satu-satunya calon pemimpin. Kim yang mendapat julukan Dear Leader juga menjabat sebagai Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea. Ulang tahunnya dirayakan sebagai salah satu hari libur di Korut.

Pada tanggal 19 Desember 2011, kantor berita Reuters memberitakan bahwa Kim Jong-il meninggal dunia pada hari Sabtu, 17 Desember 2011 dalam sebuah perjalanan dengan kereta api. Diumumkan bahwa pemimpin berusia 69 tahun itu meninggal karena kelelahan fisik dan mental setelah bekerja terlalu keras untuk memberi "bimbingan di lapangan" [1][2]. Ia dimakamkan di Istana Pemakaman Kumsusan, Pyongyang [3] [4].

Untuk mengenang jasa-jasanya, pada tanggal 15 Februari 2012, ia dianugerahi gelar tertinggi sebagai "Jenderal Besar". Penobatan Kim sebagai "Jenderal Besar" diumumkan sehari setelah peresmian patung Kim sedang mengendarai kuda di samping ayahnya yang juga pendiri negara Korea Utara, Kim Il Sung, di Pyongyang [5].

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kim Jong-Il adalah anak dari Kim Il-sung dan Kim Jong Suk. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Kim Kyong Hui yang menikah dengan Chang Sung Taek. Kim Jong-Il memiliki empat istri, yaitu Song Hye-rim, seorang artis Korea Utara terkenal; Kim Young-suk; Ko Young-hee, artis penari etnis Korea kelahiran Jepang; dan Kim Ok. Kim Jong-Il memiliki empat orang anak, yaitu Kim Jong Nam (dari Song Hye-rim), Kim Sul-song (dari Kim Young-suk), serta Kim Jong Chul dan Kim Jong-un (keduanya dari Ko Young-hee).[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]