Kim Alcheon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kim Alcheon (fl. 636-654) merupakan seorang anggota keluarga kerajaan Silla. Ia menjadi Hwarang pada usia muda dan merupakan seorang Jenderal yang terkenal.

Kim Alcheon
Hangeul 알천
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Alcheon
McCune–Reischauer Alch'ŏn

Biografi[sunting | sunting sumber]

Alcheon mendukung Puteri Deokman di dalam politik dan ketika ia mewarisi tahta setelah kematian ayahnya, Raja Jinpyeong dari Silla. Ketika Puteri Deokman menjadi Ratu Seondeok dari Silla, Alcheon menjadi kepala penjaga istana kerajaan dan juga merupakan pengawal pribadi Seondeok.

Ia merupakan seorang jenderal yang terkenal di dalam era Seondeok. Pada tahun 636, ia mematuhi perintah ratu dan berbaris ke Yeoguen-gok (女根谷) dan kemudian memukul mundur pasukan Baekje. Pada tahun 638, pasukan Gogurye menyerang Kastil Chiljung (yang sekarang Paju). Alcheon memimpin pasukannya menang atas pasukan Goguryo.

Pada tahun 647, Alcheon dipromosikan ke Sangdaedeung di dalam masa pemerintahan Ratu Jindeok. Jindeok menjadi pewaris tahta setelah kematian Seondeok.

Pada tahun 654, Ratu Jindeok dari Silla wafat tanpa keturunan, Alcheon menjadi orang kesayangan untuk menjadi pewaris tahta Kerajaan Silla. Namun, Alcheon menolak tahta tersebut dan bersama dengan Kim Yushin mendukung Kim Chunchu. Sebagai hasilnya, Kim Chunchu naik keatas tahta.

Reference[sunting | sunting sumber]

  • ^ Il-yeon: Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea, translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Book One, page 64. Silk Pagoda (2006). ISBN 1-59654-348-5