Kili-kili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah kili-kili dalam rantai

Kili-kili adalah sambungan yang memungkinkan benda yang disambung, seperti meriam putar, kursi putar, kastor putar, atau jangkar berputar secara horizontal atau vertikal.

Desain putar[sunting | sunting sumber]

Desain umum untuk kili-kili adalah batang silinder yang dapat berputar bebas di dalam struktur pendukung. Batang biasanya dicegah agar tidak tergelincir dengan mur, mesin cuci, atau penebalan batang. Perangkat dapat dipasang di ujung batang atau di tengahnya. Desain umum lainnya adalah bola yang mampu berputar di dalam struktur pendukung. Perangkat ini terpasang pada bola. Desain ketiga adalah batang silinder berongga yang memiliki batang yang sedikit lebih kecil dari diameter dalamnya. Mereka dicegah agar tidak terlepas dengan flensa. Perangkat dapat dipasang pada kedua ujungnya.

Sambungan kili-kili untuk sebuah pipa sering kali merupakan sambungan berulir yang di dalamnya setidaknya salah satu pipa dilengkungkan, seringkali pada sudut 45 atau 90 derajat. Sambungan dikencangkan secukupnya hingga kedap air atau udara lalu dikencangkan lebih jauh lagi agar berada pada posisi yang benar.

Kili-kili jangkar [1] [2] [3][sunting | sunting sumber]

Kili-kili juga digunakan di sektor bahari sebagai elemen tumpuan jangkar dan dalam sistem tambatan kapal. Pada kapal pesiar, kili-kili paling sering digunakan antara jangkar dan rantai. Ada aliran pemikiran bahwa kili-kili jangkar tidak boleh dihubungkan ke jangkar itu sendiri, tetapi harus berada di suatu tempat di rantai yang tertumpu. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "To Swivel or to Twist, That is The Question". features.coastalboating.net. Diakses tanggal 2020-12-26. 
  2. ^ Nicholson, Darrell (2015-08-14). "Anchor Swivels: Caution Required". Practical Sailor (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-26. 
  3. ^ Sechez, Rudy and Jill. "Keep Your Boat Safe by Using Anchor Swivels Correctly". Sail Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-26. 
  4. ^ "Swivels (Rocna Knowledge Base)". kb.rocna.com. Diakses tanggal 2020-12-26.