Kiki Mirano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kiki Mirano
Informasi latar belakang
Nama lahirYohanes Kiki Mirano
Nama lainwassupdrummer
Kiki Mirano
AsalYogyakarta
Genre
Pekerjaan
Tahun aktif1996–sekarang
Label
  • Label Independent
    Nagaswara
    BMG Indonesia
    Supreme Records
Artis terkait


Yohanes Kiki Mirano atau yang lebih dikenal sebagai Kiki Mirano adalah musisi, drummer dan creative director asal Indonesia.

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

Kiki Mirano mulai bermusik sejak masih bersekolah di SMA Kolese Loyola. Minat dan bakatnya semakin ditekuni setelah mendirikan band bersama dengan teman-teman mahasiswa dari Universitas California bernama Esnanas. Band yang formasi awalnya beranggotakan Paul Gary Martin, David Moki Marino, Vanessa Golding, Jonathan Leys, Greg Franklin, Anto, dan Kiki Mirano. Band ini merajai panggung-panggung musik bertema alternative rock pada saat itu.

Bersama Esnanas Kiki Mirano merilis single berjudul Kunang-Kunang pada album Indie Ten 2 Sony Music Indonesia[1], yang mana pada saat itu para personil Esnanas sudah 100% musisi Indonesia: Leo Napitupulu (gitar), Rachel Vla (vokal), Wahyu Wijoyo (gitar), dan Doni Johan (bass) (note: Doni Johan kemudian menjadi vokalis band Seventeen_(grup_musik_Indonesia) dan posisi bass selanjutnya digantikan oleh Brian Azhar sampai saat akhir band ini non-aktif pada tahun 2006).


Esnanas merilis juga self-titled album berjudul "Esnanas" di bawah bendera label BMG Indonesia[2]. Band ini membubarkan diri pada akhir tahun 2005 dan masing-masing personelnya melanjutkan karir masing-masing di bidang musik dan lainnya

Karir musik Kiki Mirano selanjutnya selanjutnya berbentuk duo bernama Cannonball, bersama Siska Salman dan bekerja sama dengan produser berkebangsaan Prancis, Dominic C, di bawah label Supreme Records.

Mereka merilis beberapa single dan album:

  • Single ‘Kemarin’ - Supreme Records (2007)
  • Mini Album (EP) Revolusi Rock & Roll - Supreme Records (2008).

Dan pada tahun 2011 merilis full album berjudul Cannonball di bawah bendera label Nagaswara. Album ini dirilis kembali di platform digital pada tahun 2021.

Selain bermusik dalam format band, Kiki Mirano juga cukup aktif berkarya sebagai produser dan musisi additional pada beberapa karya-karya musisi Indonesia, di antaranya: sebagai additional drummer band Sheila on 7[3], sebagai drummer pengisi rekaman pada lagu ‘Senandung Lirih’ yang ciptaan Eross Candra yang dinyanyikan oleh Iwan Fals, dan pada rilisan lagu ‘Untuk Dikenang - Demo 2022’ ciptaan Pongki Barata yang dirilis tahun 2021 yang lalu.

Karier Lainnya[sunting | sunting sumber]

Di bidang youth culture, Kiki Mirano bermitra dengan Eross Candra Sheila on 7, Ipul Bahri The Rain, dan Fahmi Budiman (2001-2010), dengan mendesain dan menjalankan bisnis brand clothing line bermerek Rebel Stars yang mencakup distribusi nasional dan internasional.

Karier Kiki Mirano lainnya adalah sebagai salah satu tim pengarah kreatif dan penulis/copywriter dalam sebuah creative company yang dipercaya beberapa brand nasional dan internasional, korporasi, politisi, maupun publik figur untuk mengarahkan dan mengerjakan branding, pengembangan bisnis, dan materi digital komunikasi audio visual mereka[4]






Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kiki Mirano menamatkan pendidikan dasar hingga menengahnya di kota Semarang. Setelah lulus dari SMA Kolese Loyola, ia masuk Faculty of Cultural Sciences Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan subjek favorit American Studies. Kiki Mirano juga pernah mendapatkan pendidikan singkat di bidang digital media & branding dari Cosumnes River College.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Kiki Mirano menikah dengan Siska Salman, vokalis Cannonball pada tahun 2008. Dari perkawinan tersebut mereka memiliki satu orang anak, Zia Abrarsyah Mirano. Perkawinan mereka berakhir setelah dikabarkan karena adanya isu perselingkuhan.[5][6]

Pada tanggal 29 April 2011 Kiki Mirano menikah dengan artis sinetron Sheila Marcia yang pada saat itu sudah mempunyai seorang putri bernama Leticia. Mereka membangun keluarga di kota Yogyakarta dan menjalankan beberapa bisnis diluar dunia entertainment [7] Perkawinan mereka disayangkan berakhir pada tahun 2016 dengan kabar miring tentang kdrt yang disinyalir hanya merupakan pemberitaan publisitas.[8]
Pengadilan memberikan hak asuh kedua anak mereka kepada Sheila Marcia atas rekomendasi sepihak dari Arist Merdeka Sirait dari lembaga independen Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak).[9] Keputusan tersebut sempat mendapat keberatan dari pihak kuasa hukum Kiki Mirano karena dianggap tidak objektif dan tanpa proses assessment fakta dan assessment psikologis yang cukup. Pada tahun 2018, Kiki Mirano mendapatkan hak asuh kedua putra putri mereka yaitu Nathanael Jedd Mirano dan Precious Brianna Mirano dibantu oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Jawa Tengah. Penyebab berpindahnya hak asuh ini tidak diungkapkan.
Sheila Marcia dikabarkan tidak menghadiri undangan assessment dari DP3A Jawa Tengah dan hanya menyatakan pernyataan sepakat atas keputusan tersebut melalui pesan whatsapp kepada pihak DP3A Jawa Tengah. Setelah 5 tahun diasuh oleh Kiki Mirano, kedua putra putri mereka berpindah domisili di pulau Bali bersama Sheila Marcia.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

[10]

Bersama Esnanas[sunting | sunting sumber]

Bersama Cannonball[sunting | sunting sumber]

[14]

Sebagai Additional Musician[sunting | sunting sumber]

Bersama Elastic[sunting | sunting sumber]

T.B.A - listen to Elastic's singles at Spotify [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]