Khazanah Shalawat dan Lagu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Khazanah Shalawat dan Lagu
Album hit terbaik karya Jefri Al Buchori
Dirilis5 Juli 2013
Direkam2005-2013
GenrePop Rohani
LabelAquarius Musikindo
Nada Hijrah Forte Records
Swara Sangkar Emas
ProduserAgus Idwar Jumhadi & Teddy Snada
Kronologi Jefri Al Buchori
Shalawat Cinta
(2011)Shalawat Cinta2011
Khazanah Shalawat dan Lagu
(2013)
Uje & Sahabat
(2013)Uje & Sahabat2013

Khazanah Shalawat dan Lagu merupakan album kompilasi terbaik karya Jefri Al Buchori. Dirilis pada tahun 2013. Album ini sekaligus menjadi album terakhir karya Uje, dan album ini menampilkan 9 lagu lama rohani dan ditambahkan 1 bonus track.

Tak heran lantaran tahun 2006, Uje melempar album berjudul Shalawat. Satu di antara lagu itu dihadirkan kembali di album album ini yaitu berduet dengan sang isteri Pipik Dian Irawati. Lagu itu berjudul "Ya Nabi Salam". Berkolaborasi dengan orang lain bukan hal asing bagi ustadz yang lahir tanggal 12 April 1973 itu. Salah satu single yang boleh dibilang menjadi masterpiece sang ustadz di dunia tarik suara, dibawakan bersama sahabatnya, Opick. "Ya Robbana", judul lagu itu menjadi salah satu single menawan yang asyik dinikmati di bulan suci kali ini. Lirik lagu itu terinspirasi dari seuntai doa yang dipanjatkan Nabi Adam saat terusir dari surga dan diturunkan ke bumi. Uje dan Opick membawakannya dengan penghayatan tinggi. Kepiawaian Uje dalam melantunkan ayat Quran, dengan cengkok qiraah yang pas membuat Ya Robbana syahdu membelai telinga.

Menggali lirik-lirik lagu dari hasil perenungan memang menjadi salah satu kelebihan lagu-lagu pop rohani Islami. Tak terkecuali lagu-lagu yang dibawakan Uje dalam album ini. Ada lagu "I'tiraf", yang diambil dari syair doa Abu Nawas, yang dikenal sebagai penasihat Raja Harun Al Rasyid di masa kejayaan Islam dahulu, beberapa abad silam. Atau lagu "Azab Illahi", yang menjadi pengingat kita semu akan kewajiban untuk tidak melanggar larangan Tuhan. Yang menarik tembang "Sepohon Kayu". Dengan latar imbuhan suara akordion, dan aransemen pop Melayu, Uje berdendang dalam sepotong lirik sederhana namun mengena. Yaitu mengajak untuk tidak meninggalkan salat.

Dan, akhirnya keistimewaan album kompilasi Uje ini digenapi dengan kehadiran tembang "Allah Maha". Ada dua versi lagu ini yang hadir di dalam album yang didistribusikan oleh ratusan outlet KFC yang ada di seluruh Indonesia.

Lagu utamanya yaitu "Allah Maha", dan lagu ini dirilis dalam 2 versi, versi lama dari Uje dan versi baru dari Para Sahabat Uje (Melly Goeslaw, Raffi Ahmad, Ita Purnamasari, Fatima Voice, Yana Yulio, SNADA, dan Nuri Maulida. Album ini hanya dijual digerai-gerai KFC stores seluruh Indonesia.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No.JudulPenciptaAlbum asalDurasi
1."Allah Maha"Opick/ Hatim/ Lukman3:34
2."Ya Rasulullah"Jefri Al-Buchori & Joko Item/Biing4:23
3."Ya Nabi Salam"Copyright Control4:56
4."Shalawat Badar (feat. Pipik Dian Irawati & GIGA Choir)"Copyright Control5:16
5."I'tiraf"Copyright Control/Jefri Al BuchoriLahir Kembali (2005)4:09
6."Subhanallah"Copyright Control4:09
7."Ya Rabbana (Feat. Opick)"Opick & Lukman
3:44
8."Azab Illahi"Rizal/ Lukman4:36
9."Sepohon Kayu"Nada Murni4:18
10."Allah Maha (Tribute to Uje) - Para Sahabat UJE (Melly Goeslaw, Raffi Ahmad, Ita Purnamasari, Fatima Voice, Yana Yulio, SNADA, dan Nuri Maulida)"Opick/ Hatim/ Lukman4:14
Durasi total:44:25